Cara Mengobati dan Mencegah Timbulnya Jerawat Baru

Cara mengobati jerawatMengobati jerawat dengan berbasis herbal merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan jerawat. Namun kita sering melupakan sistem pencegahan timbulnya jerawat dikemudian hari.

Pengobatan jerawat tanpa mencegah timbulnya jerawat mungkin sesuatu yang sia-sia jika kita ingin terbebas dari jerawat. Salah satu cara untuk mencegah timbulnya jerawat yaitu dengan meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kebersihan kulit kita.

Meningkatkan sistem imun dengan cara memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita utamanya nutrisi yang berhubungan langsung dengan kulit kita. Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan vitamin E serta beberapa vitamin penunjang lainnya. Selain vitamin, kulit kita juga membutuhkan beberapa mineral lainnya untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan indah.

Cara mengobati dan mencegah timbulnya jerawat baru

1. Vitamin

Vitamin A (retinol)
Vitamin A atau yang terdapat pada beberapa hati hewan, wortel, mentega, ubi jalar, kankung, bayam, labu, pepaya, mangga dan beberapa jenis buah lainnya.
Manfaat vitamin A pada kulit yaitu untuk mencegah peradangan kulit akibat infeksi bakteri, jamur maupun virus yang bisa menimbulkan kerusakan pada kulit.
Karena kondisi jerawat sebagian besar disebabkan oleh penumpukan minyak kulit dan dimanfaatkan oleh bakteri sehingga menimbulkan peradangan. Pencegahan dapat dilakukan dengan memastikan bahwa kulit dan rambut kita tetap terjaga kebersihannya.

READ:  Cara Praktis Menyembuhkan Infertilitas Pria dan Wanita

– Vitamin B
Vitamin B kompleks sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit. Pada kelompok Vitamin B kompleks ini kita mengenal thiamin atau vitamin B yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah sehingga kulit dapat ternutrisi dengan baik dan memberi perlindungan pada kulit kita.
Vitamin B3 atau niasin serta Vitamin B5 atau yang dikenal dengan asam pantotenat memiliki fungsi yang hampir sama pada kulit kita yaitu mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembab serta mencegah munculnya penuaan dini.
Untuk mendapatkan vitamin B ini kita cukup mengkonsumsi sayuran hijau, kacang polong, susu dan daging dan ikan.

Vitamin C (asam askorbat)
Vitamin C atau asam askorbat ini merupakan vitamin antioksidant yang dapat melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas seperti paparan sinar matahari. Selain itu vitamin C pada kulit juga berperan penting dalam pembentukan kolagen kulit untuk pembentukan sel kulit baru.
Sumber utama vitamin C ini bisa di temukan pada minuman dan obat suplemen, pepaya, apel, jeruk, sayuran hijau , kentang, wortel dan lain sebagainya.

– Vitamin E (tokoferol)
Vitamin E atau yang biasa dikenal dengan tokoferol ini selain sebagai pembentuk jaringan kulit dan beberapa jaringan tubuh lainnya, juga sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit seperti timbulnya peradangan dan infeksi serta mencegah hadirnya jerawat baru. Pada wanita, vitamin E ini juga sangat berperan penting dalam mencegah peradangan pada vagina, mencegah infertilitas, keguguran dan sebagainya.

READ:  5 Cara Alami Mencegah Dan Mengobati Jerawat Pada Usia Remaja

2. Makanan yang perlu dihindari
Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak/berminyak, rasa manis yang berlebihan ataupun makanan yang tinggi yodium.

3. Pengobatan jerawat secara tuntas
Pengobatan jerawat secara tuntas dengan memanfaatkan beberapa bahan alami serta produk kimia yang berbahan dasar belerang, seng, asam pantotenat, dan asam azelaic.

– Sulfur atau belerang
Penggunaan sulfur untuk membantu mengobati jerawat serta mencegah timbulnya jerawat baru. Beberapa produk seperti yang berbahan belerang ini sangat baik digunakan sebagai antiseptik yang dioleskan pada kulit. Dalam banyak kasus, belerang ini sangat efektif untuk membasmi bakteri dan beberapa mikroorganisme lainnya.

Seng (zinc)
Seng umumnya digunakan untuk membantu dalam mengobati jerawat secara alami karena Seng ini merupakan nutrisi penting untuk menstabilkan tubuh manusia. Zink ini juga merupakan nutrisi yang menjaga kadar testosteron secara stabil. Selama pubertas, tingkat testosteron yang tinggi bisa menimbulkan jerawat. Selain itu, unsur zinc ini untuk bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan pada kulit.

READ:  11 Manfaat Astaxanthin untuk Kesehatan Tubuh

Asam azelaic
Asam azelaic yang alami telah terbukti memberikan hasil yang baik untuk mengatasi jerawat, Asam azelaic ini juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan benzoil peroksida, tetrasiklin, dan atau Retin-A. Produk yang mengandung asam ini paling efektif untuk mengobati hampir semua jenis jerawat secara alami. Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan beberapa unsur diatas yang dalam bentuk produk biasanya memakan waktu hingga empat minggu untuk menunjukkan efek penyembuhan.

Jerawat dapat disembuhkan maupun dapat dicegah secara alami dengan meningkatkan sistem imun tubuh serta menjaga kebersihan kulit. Pentingnya menutrisi kulit agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kulit lainnya. Semoga cara menyembuhkan dan mencegah timbulnya jerawat baru diatas dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit anda.