Perkembangan Janin pada Usia 9 Hingga 13 Minggu Kehamilan

Janin Usia 12 MingguPerkembangan janin yang sehat dalam kandungan pada setiap minggunya terus meningkat. Namun jika ada masalah kesehatan pada janin anda, hal ini dapat diketahui sejak dini dengan mengetahui bagaimana perkembangan janin anda yang seharusnya.

Oleh karena itu pentingnya untuk mengetahui bagaimana perkembangan bayi anda dari setiap tahapan demi keselamatan anda dan janin anda sendiri.
Berikut ini tahapan perkembangan janin sejak minggu ke 9 hingga minggu ke 13 yang bisa anda lihat seperti dibawah ini.

Perkembangan Janin pada Usia 9 Hingga 13 Minggu Kehamilan

Janin Usia 9 Minggu
Memasuki minggu kesembilan usia janin anda, gonad, atau kelenjar reproduksi mulai terlihat. Perkembangan lainnya seperti otot-otot bayi tumbuh dan semakin kuat dengan gerakan yang semakin meningkat. Siku, lutut, dan sendi anggota tubuh lainnya dapat dibedakan.

Janin Usia 10 Minggu
Pada minggu kesepuluh ini, sebenarnya perkembangan embrio akan segera berakhir dan baru memasuki tahapan awal menjadi janin. Semua struktur penting internal dan eksternal sudah terbentuk layaknya anggota tubuh bayi. Panjang janin pada minggu kesepuluh ini lebih dari satu seperempat inci.

READ:  Kerusakan Rambut Akibat Shampo dan Solusinya

Pada masa ini pula, Usus yang telah berkembang di dalam tali pusat, kini mulai tergelincir ke rongga perut embrio dan ekor bayi telah menghilang sekarang. Lengannya pendek sekarang, dan kedua tangannya hampir dapat menyentuh satu sama lain ketika mereka bergerak.

Telinga hampir sepenuhnya berkembang baik telinga luar maupun telinga bagian dalam janin, baik di luar kepala dan di telinga bagian dalam.

Janin Usia 11 Minggu
Pada minggu kesebelah kehamilan anda, kemungkinan risiko malformasi serosa dan keguguran sangat minim terjadi. Pekerjaan utama untuk pembentukan organ, anggota badan, dan bagian tubuh lainnya sebagian besar telah selesai. Pada titik ini, bayi anda telah membuat transisi dari embrio menjadi janin.

READ:  Mengapa Wanita Bisa Mandul ?

Setiap jari tangan dan kaki terlihat jelas dan gigi tumbuh dalam rongga gigi dan akan tetap tersembunyi saat lahir yang kemudian akan muncul keluar dari gusi bayi pada tahun pertama setelah kelahiran mereka nantinya.

Janin Usia 12 Minggu
Pada minggu keduabelas ini, panjang janin rata-rata sekitar dua setengah inci. Struktur dasar otaknya dan massa otak berkembang sepanjang waktu.
Beberapa fungsi pencernaan penting mulai sekitar minggu ini. Pankreas mulai memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Hati mulai mengeluarkan empedu, cairan kehijauan tebal disimpan dalam kantung empedu yang membantu tubuh mencerna lemak.

Janin Usia 13 Minggu
Pada minggu 13 ini merupakan akhir dari trimester pertama! Pada akhir minggu ini, ukuran janin bayi sekitar tiga inci. Organ kelamin luar mulai muncul dengan klitoris dan labia berkembang pada anak perempuan, penis dan skrotum pada laki-laki, tapi organ-organ ini masih tidak terdeteksi oleh USG.

READ:  Cara Memeriksa Kondisi Kesehatan Lewat Air Seni

Perkembangan janin yang sehat dalam kandungan pada setiap minggunya terus meningkat. Namun jika ada masalah kesehatan pada janin anda, hal ini dapat diketahui sejak dini dengan mengetahui bagaimana perkembangan janin anda yang seharusnya. Dan semoga Tahapan Perkembangan Janin pada Usia 9 Hingga 13 Minggu Kehamilan diatas dapat menambah wawasan kaum ibu sedang hamil atau bagi ibu yang ingin merencanakan kehamilan.