9 Cara Mencegah Kerusakan Rambut saat Berjilbab

9 Cara Mencegah Kerusakan Rambut saat BerjilbabKerusakan rambut merupakan salah satu kekhawatiran sebhagian wanita disaat menggunakan kerudung atau jilbab. Namun hal tersebut bukan sebagai alasan untuk tidak mengenakan jilbab karena menutup aurat (mengenakan jilbab) adalah wajib hukumnnya bagi kita seorang muslimah.

Untuk masalah kerusakan rambut jika mengenakan jilbab sebenarnya bukan masalah yang berarti jika kita pandai dalam merawat rambut kita.
Beberapa saran untuk para jilbaber yang merasa khawatir akan kerusakan rambut akibat memakai jilbab dengan cara memilih jilbab yang tepat untuk kita kenakan. Berikut ini ada beberapa saran dan cara perawatan rambut untuk wanita berjilbab.

9 Cara Mencegah Kerusakan Rambut saat Berjilbab
1. Memilih syal yang tepat
Pilih syal atau kerudung dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun atau jersey sebagai pilihan yang baik. Pemilihan kain dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala sehingga kesehatan rambut dapat terjaga.

2. Memilih model jilbab
Untuk memilih model jilbab yang baik untuk kesehatan rambut seperti model jilbab modern. Jika kita menggunakan jilbab modern usahakan syal tidak lebih dari empat helai. Semakin tebal jilbab yang kita gunakan maka semakin sulit pula rambut untuk bernapas.

READ:  Cara Memeriksa Kondisi Kesehatan Lewat Air Seni

3. Lapisan Jilbab
Untuk menghindari kerusakan rambut, sebaiknya jangan menggunakan lapisan kerudung yang terlalu kencang atau ketat karena hal ini akan mempengaruhi pernafasan rambut sekaligus berpotensi membuat kulit kepala menjadi lembab.

4. Ikatan rambut
Jika ingin menggunakan jilbab mungkinlebih baik jika rambut kita tidak diikat terlalu kencang jika perlu biarkan rambut kita terurai hanya tinggal bagaimana cara kita merapikannya.
Untuk menghindari mengikat rambut alangkah baiknya jika memangkas rambut dan menyisakan rambut sekitar 50- 60 cm saja.

5. Warna jilbab
Untuk memilih warna jilbab atau kerudung, sebaiknya hindari kain yang warna hitam atau gelap karena warna gelap sangat mudah menyerap sinar matahari. Hal ini tinggal disesuaikan dengan aktifitas kita saja. Jika aktivitas kita lebih banyak pada ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung, mungkinsebaiknya memilih warna-warna lembut ataupu jilbab berwarna putih.

READ:  Gejala dan Pengobatan Alopecia Areata

6. Menyisir rambut
Jika hendak menyisir rambut pilihlah sisir dengan gigi besar. Jangan pernah lupa untuk menyisir rambut sebelum menggunakan jilbab. Ini akan membuat rambut anda lebih rapi dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala.

7. Mencuci rambut
Cuci rambut secara teratur 2-3 hari. Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut. Atau setidaknya pilihlah sampo lembut yang dapat digunakan setiap hari. Pastikan rambut dalam keadaan kering sebelum menggunakan kerudung. Menggunakan jilbab dengan rambut dalam keadaan basah bisa membuat kita pening.

8. Creambath
Creambath melakukannya seminggu sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala agar tetap sehat. Pilih krim yang sesuai dengan jenis rambut atau gunakan krim rambut yang berbahan alami, misalnya untuk jenis rambut kering gunakan krim berbasis alpukat dan jus lemon untuk rambut berminyak dan berketombe, sementara ginseng dipercaya untuk memperkuat akar rambut.

READ:  Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Teratur

9. Masker rambut
Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Gunakan masker siap pakai yang sesuai dengan jenis rambut yang biasanya tersedia di toko-toko kosmetik. Kemudian oleskan masker di sekitar rambut. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas lagi dengan air bersih.

Menggunakan jilbab dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kenyamanan  jika kita tidak pandai-pandai dalam merawat rambut. Agar rambut anda tetap sehat meskipun dengan mengenakan jilbab setiap hari, tak ada salahnya jika anda mencoba 9 cara mencegah kerusakan rambut saat berjilbab diatas dan semoga ada manfaatnya untuk kesehatan rambut anda.