7 Cara Alami Mengatasi Peradangan atau Inflamasi

Obat radang tenggorokanPeradangan atau inflamasi merupakan reaksi perlawanan tubuh terhadap zat asing yang masuk kedalam tubuh yang ditandai dengan pembengkakan jaringan. Peradangan ini terjadi umumnya karena adanya infeksi pada jaringan tubuh. peradangan diperlukan untuk membantu melindungi jaringan lain dari penyebaran infeksi sekaligus berperan dalam menyembuhkan infeksi. Gejala peradangan umumnya berwarna kemerahan, menimbulkan rasa hangat, nyeri, pembengkakan pada daerah infeksi.

Munculnya peradangan disalah satu daerah  tubuh kita dapat menjadi kronis dan bahkan menyebabkan beberapa penyakit seperti asma, ruam kulit, arthritis, masalah mood, multiple sclerosis (peradangan yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang dan otak) dan banyak lagi. Beberapa peradangan kronis terjadi tanpa disadari sehingga kita tidak mengetahui telah terjadi kerusakan pada salah satu jaringan tubuh kita.

Pengobatan pada peradangan (inflamasi) ini dapat disembuhkan dengan menggunakan obat anti inflamasi, namun hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita jika sering mengkonsumsinya.

Selain dengan obat berbahan kimia, peradangan ini dapat diatasi pula dengan cara-cara alami. Berikut ini ada beberapa pilihan yang mungkin bisa anda gunakan dalam meringankan atau menyembuhkan peradangan yang terjadi.

READ:  Cara Mengobati Penyakit Kurap pada Selangkangan

7 Cara Alami Mengatasi Peradangan atau Inflamasi

1. Hindari stres, Stres dapat memperburuk kondisi peradangan, oleh karena itu pentingnya untuk menghindari stres dalam kehidupan kita. Selain dapat memperburuk kondisi peradangan, stres juga bisa memicu munculnya beberapa gangguan penyakit pada tubuh kita.

2. Vitamin. Dari semua vitamin, vitamin K2 ( menaquinone) sangat berperan penting dalam melindungi tubuh terhadap peradangan. Penelitian telah menemukan bahwa vitamin K2 manfaat termasuk melindungi sel-sel saraf dari stres oksidatif dan mungkin mengurangi kerusakan saraf (perkembangan memperlambat demensia). Vitamin K2 ditemukan untuk mengurangi kanker hati pada wanita dan kanker prostat pada pria sambil menjaga fungsi arteri (untuk mencegah pembekuan, serangan jantung dan stroke) dan memberikan kepadatan pada jaringan tulang. Vitamin K2 ini merupakan vitamin K bentukan bakteri yang terdapat dalam usus kita.

3. Zinc, Zinc merupakan bagian dari mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zinc dapat menyebabkan peningkatan peradangan seiring dengan bertambahnya usia. Pada usia tua, tubuh akan mengalami kemunduran dalam menyerap mineral Zinc sehingga pada usia tua, tubuh akan kekurangan pasokan dalam memproduksi asam lambung.

READ:  Penyakit Kelamin Trichomoniasis Vaginalis dan Cara Mengatasinya

Dalam usaha meningkatkan mineral seng, zat besi, magnesium, kalsium dan mineral lainnya, pastikan untuk mengonsumsi vitamin C terlebih dahulu atau mengkonsumsi makanan asam untuk membantu meningkatkan penyerapan mineral diatas.
Sumber utama vitamin vitamin C adalah tomat yang dimasak, buah jeruk dan cuka, sementara makanan yang kaya zinc termasuk biji labu, daging herbivora dan seafood.

4. Paprika merah, bawang putih mentah dan bawang mentah harus dimasukkan dalam diet anda karena suber tersebut sangat efektif dalam membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Banyak orang yang intoleransi gluten seperti gandum, roti dan kasein (susu). Individu yang intoleransi gluten akan mengalami masalah auto imun. Selain itu pada individu tersebut memiliki sistem sel kekebalan tubuh yang menganggap makanan tersebut diatas sebagai penyerbu asing sehingga menimbulkan peradangan.

READ:  Pertolongan Pertama saat Kulit Mengalami Luka Bakar

6. Meningkatkan konsumsi makanan dari kacang-kacangan juga sangat berperan dalam mengatasi masalah peradangan dalam tubuh kita.

7. Paparan sinar matahari pagi sangat baik dalam meningkatkan kadar vitamin D, sementara vitamin D ini dibutuhkan tubuh dalam mengurangi peradangan. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap peradangan kronis.

Untuk mengurangi peradangan, cukup dengan mengkonsumsi beberapa sumber makanan yang berhubungan langsung dengan peningkatan sistem imun tubuh. Mencukupi beberapa vitamin dan mineral seperti yang disebutkan diatas merupakan 7 cara alami untuk mengatasi peradangan atau inflamasi pada jaringan tubuh kita.