10 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Tidak Sedap

Cara menghilangkan bau kakiAroma kaki yang tak sedap adalah hal yang memalukan dan sangat mengganggu orang-orang disekitar kita akibat bau yang ditimbulkannya. Aroma kaki yang tak sedap dalam dunia medis dikenal dengan Bromhidrosis. Bromhidrosis ini dapat terjadi pada siapa saja tidak mengenal usia, gender ataupun strata sosial lainnya.

Bau kaki ini disebabkan oleh ulah bakteri yang memang sangat senang berkembang biak pada daerah lembab dan gelap seperti pada sepatu dan kaus kaki kita. Perkembangbiakan bakteri ini akan sangat cepat jika kita tidak memperhatikan kebersihan alas kaki dan kebersihan diri kita.

Secara alamiah telapak kaki kita memiliki ribuan kelenjar keringat yang memproduksi keringat yang terdiri dari air, natrium klorida, lemak, mineral dan zat asam yang jika berkolaborasi dengan bakteri akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada kaki kita juga dapat menyebabkan jamur kaki atau jamur kuku yang biasa juga disebut dermatophytes. Tapi apapun bentuk yang ditimbulkannya cara yang terbaik adalah membasmi pertumbuhan mereka pada kaki dan alas kaki kita.

Untuk mengatasi masalah bau kaki kita, berikut adalah beberapa cara sederhana sebagai solusi yang mungkin dapat membantu kita mengeliminasi bau kaki ini antara lain :

READ:  Daftar Krim untuk Kurap dan Infeksi Jamur

1. Jika kita memiliki bau kaki yang tidak sedap, mencuci kaki beberapa kali sehari dengan menggunakan sabun, tetapi jika kita melihat kaki kita menjadi bersisik dan pecah-pecah, ganti sabun yang kita gunakan karena mungkin tidak sesuai denga jenis kulit kita. Saran lainnya adalah mencuci kaki dengan seduhan teh hijau dan menambahkan baking soda serta beberapa sendok teh cuka untuk bahan cucian kaki yang terserang jamur.

2. Setelah mencuci kaki, cobalah merendam kaki kita beberapa menit lamanya dalam larutan garam dengan dosis setengah cangkir kristal garam alami untuk satu liter air hangat.

3. Menjaga kaki dan pada bagian sela-sela jari agar selalu kering, menerapkan deoderant ( gunkan deodorant alami daripada deodorant komersial jika memungkinkan) ke telapak kaki untuk menghilangkan bau keringat. Setelah deoderant tersebut kering, bubuhkan kaki dan sela-sela jari kaki dengan bubuk tepung jagung.

4. Kapanpun dan dimanapun pergi, jangan menggunakan sepatu saat tahap pengobatan. Pilh sandal untuk memungkinkan penguapan keringat kaki sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

READ:  Apakah Penyebab Penyakit Asam Urat?

5. Kenakan kaus kaki yang tipis gar memungkinkan kaki dapat bernapas. Ini mungkin membutuhkan beberapa percobaan, tetapi kebanyakan orang menemukan bahwa kaus kaki katun atau wol adalah yang terbaik untuk menyerap kelembaban dan menjaga kaki tetap kering. Mengganti kaus kaki di siang hari atau setidaknya mengganti kaus kaki sekali dalam sehari.

6. Jika Anda harus memakai sepatu, pilihlah sepatu yang terbuat dari kulit yang memungkinkan kaki untuk bernafas. Hindari menggunakan pelapis sepatu dari karet atau bahan sintetis. Mengganti sepatu setiap hari dan hindaripenggunaan sepatu yang dalam kondisi basah atau lembab.

7. Letakkan sepatu pada area terbuka atau pada daerah yang memiliki udara bebas, hindari menempatkan sepatu pada daerah yang gelap atau lembab untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri.

8. Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan paprika karena zat tersebut dapat menimbulkan aroma yang kuat yang akan mempengaruhi bau keringat kita. Menambahkan beberapa peterseli segar dan / atau cilantro untuk diet kita sebagai bahan detoksifikasi terhadap bakteri.

READ:  Kandungan dan Manfaat Buah Anggur pada Kesehatan

9. Pastikan minum banyak air, setidaknya 8 gelas air setiap hari dapat membantu mengeliminasi racun dalam tubuh kita.

10. Stres merupakan salah satu penyebab terburuk dari peningkatan produksi keringat. Membuat beberapa perubahan dalam hidup agar terhindar dari stres akan mengurangi bau keringat kita.

Bau kaki dapat timbul karena pertumbuhan bakteri di daerah kaki dan alas kaki kita, menjaga kebersihan alas kaki dan kebersihan anggota badan untuk menghambat pertumbuhan bakteri adalah hal yang penting untuk mengatasi bau kaki dan bau badan kita. Semoga 10 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Tidak Sedap diatas dapat bermanfaat untuk menghilangkan aroma tak sedap tersebut dan sekaligus mengembalikan kepercayaan diri anda meski berada di tengah-tengah orang banyak.