7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut RontokRambut rontok dapat terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. Rambut rontok merupakan hal yang biasa, namun jika kerontokan rambut tersebut sudah mengarah pada kebotakan, maka hal ini merupakan kejadian luar biasa yang perlu dicarikan solusinya.

Penyebab kerontokan rambut dapat didipicu oleh beberapa faktor seperti stres, penggunaan obat-obatan, riwayat keluarga, dll. Selain itu, ketidakseimbangan hormon dan perawatan rambut yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah rambut rontok.

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh salah penyakit yang dikenal Alopecia areata (AA). Alopesia aerata ini dapat menggugurkan rambut baik secara keseluruhan maupun hanya sebahagian dari kulit kepala kita. Alopesia Aerata dapat terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa, baik pria maupun wanita. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan rambut dengan memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kita.

7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

1. Protein dan Nutrisi Rambut

Kurangnya protein dalam diet dapat menjadi alasan utama penyebab rambut rontok rambut. Perlu diketahui bahwa rambut sangat membutuhkan protein pertumbuhan rambut secara normal. Jika tubuh kekurangan protein dapat mempengaruhi keseimbangan folikel rambut sehingga memicu terjadinya rambut rontok.

READ:  Penyebab Rambut Rontok Dimasa Menyusui

Untuk memenuhi protein harian tubuh, cukup dengan meningkatkan konsumsi makanan seperti putih telur, ikan dan minum susu setidaknya dua gelas setiap harinya.

2. Hindari Stres
Stres merupakan kejadian psikis yang sangat merugikan kesehatan kita dan tidak terkecuali pada kesehatan rambut. Mengalami stres dalam jangka panjang akan memicu kerontokkan rambut dan dapat memicu munculnya penyakit lain dala tubuh kita.
Salah satu cara untuk menghilangkan stres dengan melakukan yoga , meditasi dan beberapa olahraga lainnya yang bisa membuat kita lebih enjoy.

3. Mengkonsumsi Multivitamin
Selain protein, rambut juga membutuhkan beberapa vitamin lainnya seperti vitamin A, Vitamin B, vitamin C dan vitamin D, biotin dan kalium.
Untuk memenuhi beberapa vitamin diatas, anda bisa dapatkan pada sayuran dan buah-buahan serta mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut yang normal.

READ:  Manfaat dan Sumber Utama Vitamin E

4. Hindari Rokok dan Kafein
Merokok dan kafein dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan menjadi salah satu pemicu terjadinya rambut rontok. Jika anda menginginkan mengatasi rambut rontok anda, disarankan untuk berhenti merokok dan menjauhi kafein.

5. Olahraga Secara Teratur
Olah raga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta memperlacar peredaran darah. Sehingga dengan lancarnya peredaran darah maka dapat menutrisi rambut dengan baik.

Selain berolahraga, melakukan pemijatan pada kulit kepala dengan lembut merupakan cara terbaik untuk untuk meningkatkan kesehatan rambut. Menerapkan minyak khusus pada rambut merupakan cara yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan rambut rontok.

6. Masker Rambut
Menerapkan masker rambut alami merupakan cara yang baik untuk mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.
Untuk membuat masker rambut alami kita bisa memanfaatkan buah jambu merah lalu menambahkan madu alami dan ekstrak jeruk secukupnya untuk dijadikan sebagai masker rambut anda.
Minyak kemiri dan minyak zaitun juga merupakan minyak yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut anda.

READ:  7 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Migrain

7. Memangkas Rambut
Kerontokan rambut disebabkan oleh kurangnya nutri yang dibutuhkan oleh rambut kita. Salah satu cara untuk mengurangi kebutuhan nutrisi tersebut dengan memangkas atau memotong rambut secara rutin.

Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia. Untuk mencegah dan mengatasi kerontokkan rambut secara berlebihan selain dengan memenuhi pasokan nutrisi dan perawatan rambut yang benar, juga dengan menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Semoga 7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok diatas dapat menjadi saran yang baik untuk mengembalikan kesehatan rambut anda.