Ramuan herbal untuk mengatasi penyakit kurap

Kulit merupakan salah satu daerah yang paling umum mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur dan Salah satu diantaranya penyakit kurap. Penyakit kurap atau ini menyerupai lingkaran dan nampak ruam disekitar lingkaran infeksi. Penyakit kurap ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita maupun melalui perantara.

Media infeksi jamur ini terutama pada lipatan kulit, daerah tubuh yang lembab atau hangat, atau daerah tersembunyi lainnya namun pada beberapa kasus penyakit kurap dapat tumbuh didaerah terbuka lainnya pada tubuh kita. Hal ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh.

Walaupun penyakit kurap ini bukan termasuk penyakit yang berbahaya namun kehadirannya jangan disepelekan. Kehadiran kurap pada salah satu bagian dari tubuh kita disamping dapat menimbulkan rasa gatal juga dapat merusak kepercayaan diri kita utamanya jika kurap ini tumbuh pada bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian kita.
Ada banyak jenis obat anti jamur yang bisa kita dapatkan di toko obat (apotik) baik dengan menggunakan resep dokter maupun yang dijual bebas (OTC) dipasar. Selain penggunaan obat antijamur berbahan kimia, pada sebahagian orang biasanya menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi penyakit kurap ini.

READ:  Aneka Legging Dalam Dunia Fashion

Penggunaan obat anti jamur over-the-counter dapat berupa gel, cream maupun spray sangat aman untuk digunakan, sementara obat kimia yang memerlukan resep dokter seperti terbinafin, itrakonazol dan griseofulvin biasanya mengandung efek samping seperti mual, diare, gangguan pencernaan, gangguan cacat lahir bayi pada ibu hamil dan lain-lain.
Untuk pengobatan dengan menggunakan herbal alami, anda bisa mencoba dengan meracik beberapa cara mengobati penyakit kurap dengan obat herbal seperti dibawah ini:

Cara mengobati penyakit kurap

1. Untuk masalah penyakit kurap, anda bisa memanfaatkan serbuk belerang 2 sdm, parutan kunyit 1 sdt dan minyak kelapa 3 sdm kemudian aduk hingga rata lalu oleskan ramuan tersebut secara merata pada bagian tubuh yang terkena kurap. Ulangi cara ini minimal 2 kali sehari sehabis anda mandi.

READ:  Inilah Obat Penghilang Rasa Sakit Secara Alami

2. Cara mengatasi penyakit kurap dengan herbal alami, cobalah mengambil 9 lembar daun sirih lalu di tambah dengan kapur sirih sebanyak 1 sdm kemudian ditumbuk hingga halus lalu gunakan sebagai obat oles. Menggunakan ramuan ini 2 kali sehari secara rutin akan mempercepat kesembuhan penyakit kurapa anda.

3. Selain menggunakan daun sirih, gunakan daun sambiloto beberapa lembar kemudian taburkan serbuk belerang sebanyak 1sdm kemudian dihaluskan untuk digunakan sebagai obat oles penyakit kurap anda.

4. Selain sebagai campuran bedak dan bumbu masakan, rimpang temu ireng sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah penyakit kurap. Gunakan rimpang temu ireng sebanyak 2 jari tangan yang telah dihaluskan kemudian campur dengan minyak kelapa 1 sdm kemudian gunakan ramuan ini sebagai bahan oles.

READ:  Pencegahan dan Pengobatan Kulit Jari yang Mengelupas

5. Buat ramuan dari daun delima 5 lembar , daun sambiloto 5 helai dan bubuk belerang dan minyak kelapa secukupnya lalu dihaluskan untuk dijadikan sebagai obat oles untuk menghilangkan penyakit kurap anda.

Penyakit kurap merupakan penyakit kulit yang menular dan dapat menimbulkan rasa gatal dan rasa malu. Kehadirannya disebabkan oleh jamur karena kurangnya menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan. Untuk mengatasi penyakit kurap selain obat OTC, tak ada salahnya untuk mencoba ramuan herbal mengatasi penyakit kurap diatas untuk mempercepat penyembuhan kurap anda.