4 Jenis Rambut dan Cara Merawatnya

Cara Merawat RambutKondisi rambut dan kulit kepala tidak selalu konstan, tetapi selalu berubah-ubah. Hal ini tergantung pada kondisi tubuh, lingkungan dan cara kita memperlakukan rambut kita.

Rambut berminyak, kering maupun normal juga sangat dipengaruhi oleh iklim, fluktuasi hormonal, perubahan gaya hidup dan kesehatan tubuh pada umumnya.

Dengan banyaknya hal yang dapat mempengaruhi rambut kita sehingga terkadang kita menemukan rambut dalam kondisi yang normal dan pada saat yang lain rambut kita dalam kondisi kering ataupun berminyak.

Loading...

Pada pembahasan kali ini kita lebih memfokuskan diri tentang bagaimana cara kita merawat rambut disaat kondisi rambut dalam keadaan kering, normal, berminyak ataupun kombinasi antara kering dan berminyak.

4 Jenis Rambut dan Cara Merawatnya

1. Jenis rambut normal
Rabut normal merupakan istilah khusus yang menggambarkan kondisi rambut yang kuat, lembab dan berkilau serta tidak peduli apakah tekstur rambut anda lurus, bergelombang atau keriting.

Untuk jenis rambut ini kita tidak membutuhkan lagi cara khusus untuk merawatnya. Cukup dengan sering menatanya dengan baik, menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala kita sambil mempertahankan diet yang seimbang anda.

2. Jenis rambut berminyak
Rambut berminyak biasanya berhubungan dengan kondisi kulit kepala yang juga berminyak. Meskipun rambut ini nampak lebih baik dari jens rambut kering bukan berarti kita menyepelekannya dalam hal perawatan.

READ:  5 Tips Tampil Cantik Secara Alami

Rambut berminyak ini sangat rentan terhadap pertumbuhan ketombe akibat akumulasi sebum (produksi kelenjar sebaceous yang over) dan debu yang menempel pada rambut dan kulit kepala kita.

Perawatan untuk jenis rambut berminyak tentunya dengan melakukan keramas dengan shampo yang tepat untuk kondisi rambut anda.
Sering melakukan keramas juga belum tentu baik untuk kesehatan rambut, jadi disini perlu keseimbangan dan ketelitian akan kebutuhan rambut kita.

3. Jenis rambut kering
Memiliki rambut kering memang membosankan dan perlu kehatia-hatian dalam menanganinya. Sedikit saja kesalahan dalam merawatnya akan fatal akibatnya. Rambut anda akan semakin kusam, keras, kaku, bercabang dan rapuh.

Pada jenis rambut ini sangat membutuhkan kelembaban dan dalam kebanyakan kasus memerlukan protein yang akan merangsang kinerja sebaceous untuk memproduksi sebum.

Rambut kering membutuhkan perlindungan dalam bentuk emolien dan pelumas, yang akan membuat lapisan kutikula dan membuat rambut anda bersinar kembali.

Cobalah melakukan pijatan lembut pada kulit kepala dan gunakan kondisioner untuk melembabkannya. Tingkatkan diet yang mengandung asam lemak esensial dan vitamin untuk memberi kelembaban pada rambut anda.

READ:  Cara Alami Membuat Bibir Merah Merona

Penyebab rambut kering mungkin karena kondisi alami rambut, terutama dengan rambut yang sangat keriting atau keriting. Kekeringan rambut juga dapat disebabkan oleh produk yang digunakan pada rambut seperti shampoo, produk styling, dan sejenisnya.

Pada kebanyakan rambut kering disebabkan oleh perawatan dengan menggunakan mekanik rambut, seperti styling atau bahan kimia yang terkandung dalam pewarnaan rambut, membuat rambut ikal atau bergelombang dan atau sebagai respon terhadap kondisi lingkungan seperti matahari, klorin dan air garam.

4. Jenis rambut kombinasi
Pada kebanyakan orang berpendapat bahwa jenis rambut kombinasi adalah kondisi ujung rambut yang kering dan pada bagian akarnya berminyak. Hal ini memang benar, namun tidak hanya sekedar itu saja karena bisa saja berlaku sebaliknya.

Jadi untuk perawatan rambut kombinasi ini memerlukan ketelitian pribadi untuk mengetahui kondisi kulit kepala dan jenis rambut kita. Setelah itu baru melakukan beberapa perawatan untuk rambut anda.

  • Untuk kulit kepala berminyak dan rambut kering: Bersihkan kulit kepala anda dengan pembersih rambut setiap hari untuk jenis rambut berminyak. Pilihan lain dengan menggunakan sampo balancing untuk rambut normal. Perawatan Alternatif ini setidaknya sekali seminggu dengan shampoo pembersih. Oleskan kondisioner pelembab untuk rambut anda.
  • Kulit kepala dan rambut yang normal: Cukup mempertahankan kesehatan dan kebersihan rambut secara rutin.
  • Kulit kepala dan rambut yang berminyak: Cobalah untuk tidak overstimulate kulit kepala dengan menerapkan produk pelembab sehingga tidak membuat sebum tambahan. Cobalah untuk meminimalkan jumlah produk styling yang anda gunakan.
  • Kulit kepala dan rambut kering: Pembersihan harian dan penyejuk dengan pelembab dan emolien akan mengatasi kulit dan rambut dari kekeringan.
  • Kulit kepala berminyak dan rambut normal: Perlakukan kondisi kulit kepala berminyak seperti diuraikan di atas dengan gunakan kondisioner untuk rambut anda.
  • Kulit kepala kering dan rambut normal: Gunakan shampoo bergizi yang untuk melembabkan kulit kepala.
READ:  Cara Alami Merampingkan Perut Berlemak

Kondisi rambut dan kulit kepala tidak selalu konstan, tetapi selalu berubah-ubah. Hal ini tergantung pada kondisi tubuh, lingkungan dan cara kita memperlakukan rambut kita.

Semoga uraian singkat  mengenai 4 Jenis Rambut dan Cara Merawatnya diatas bisa memberikan manfaat untuk kesehatan rambut kita.

Loading...