13 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Manfaat SpirulinaSpirulina adalah ganggang biru kehijauan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga tidak  mengherankan jika spirulina ini  sering dijadikan sebagai diet harian.

Spirulina merupakan bagian herbal  yang  telah dikembangkan hingga saat ini, sehingga kita dapat menemukan  Spirulina dalam bentuk pil, bubuk maupun bentuk tablet.

Untuk mengetahui manfaat spirulina dalam kesehatan tubuh kita, mungkin ada baiknya jika anda bersedia untuk  meluangkan sedikit waktu dalam mengikuti pembahasan singkat seperti dibawah ini.

13 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

1. Pencegahan Kanker

Antioksidan yang terdapat dalam spirulina diyakini membantu mengurangi risiko kanker. Spirulina telah terbukti memiliki efek anti-tumor dalam beberapa studi laboratorium dengan menggunakan sampel tikus.

Sebuah tim peneliti China 2009 menerbitkan temuan yang  mengejutkan dalam “Biomedik dan Farmakoterapi” yang menunjukkan spirulina yang memiliki kandungan  selenium bisa membantu mencegah kanker payudara.

Selain itu, dalam studi in vitro telah menemukan bahwa spirulina bisa memiliki pengaruh yang signifikanuntuk mengurangi  penyebaran  kanker hati dari 80% menjadi 20%.

2. Antioksidan

Spirulina adalah sumber yang kaya antioksidan, termasuk vitamin E, selenium, karoten dan asam fenolat. Antioksidan dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, penuaan dini, dan kondisi lain dengan menangkal radikal bebas merusak sel-sel dan DNA.

READ:  Sakit Punggung Selama Kehamilan

3.  Melawan Infeksi

Penelitian dalam tabung tes menunjukkan bahwa spirulina mampu melawan infeksi yang berkembang dalam tubuh kita. Hal ini telah terbukti efektif mengatasi  herpes, influenza, dan HIV.

4.  Antibiotik dan antimikroba

Studi laboratorium telah menemukan bahwa spirulina dapat menghancurkan bakteri dan virus. Hal ini juga kemungkinan besar sangat efektif terhadap influenza, gondok, campak, herpes simpleks, HIV dan banyak lagi.

 Hal ini juga merangsang produksi makrofag dalam sistem kekebalan tubuh, yang menargetkan dan membunuh mikroba patogen dalam tubuh kita.

5. Probiotik

Probiotik kita dapat temukan pada Spirulina. Penelitian dalam tabung tes telah menemukan bahwa spirulina dapat meningkatkan pertumbuhan probiotik dan bakteri sehat seperti L. acidophilus.

 6. Kesehatan Pernapasan

 Beberapa studi telah menemukan bahwa spirulina dapat memberikan bantuan untuk orang yang menderita penyakit pernapasan seperti asma dan alergi  rinitis.

Sebuah studi 2001 yang dipublikasikan dalam “Journal of Foods Nutraceutical Medis Fungsional” menemukan bahwa 1 gram spirulina per hari dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma bronkial.

 Sebuah studi 2005 dari “Journal of Medicinal Food” menunjukkan bahwa orang dengan alergi  rhinitis sangat baik jika mengkonsumsi spirulina pada setiap harinya.  Spirulina ditemukan dapat mengurangi tingkat sitokin dan menghambat pelepasan histamines yang mempengaruhi respon alergi.

READ:  10 Cara Mencegah Penularan Hepatitis

7. Peningkatan sistem imun

Spirulina telah terbukti merangsang produksi antibodi untuk membunuh mikroba patogen dalam sistem kekebalan tubuh. Pada penelitian dengan menggunakan sampel  hewan mengkonfirmasikan bahwa spirulina dapat melawan infeksi dan penyakit kronis dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

8. Perlindungan Hati 

Studi awal pada hewan menunjukkan bahwa spirulina membantu melindungi hati dari kerusakan dan disfungsi hati. Tidak hanya itu, spirulina juga mampu  mengurangi peradangan hati, menghambat peroksidasi lipid  dan memperlambat penumpukan trigliserida dalam hati. Hal ini juga dapat melindungi  hati dari kerusakan akibat bahan beracun dari logam seperti timbal dan merkuri.

9. Diabetes tipe-2

Spirulina dapat membantu dalam perawatan diabetes tipe-2. Telah terbukti mengurangi inflamasi sistemik yang dapat membantu mengekang resistensi insulin. Spirulina juga terbukti  dapat mengubah profil lipid dan meningkatkan HDL ( kolesterol baik) dalam darah.

10. Kesehatan  Jantung

 Spirulina dapat mendukung kesehatan jantung dengan cara  meningkatkan profil lipid, kekangan akibat  hipertensi dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Spirulina juga  telah terbukti dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik dan menurunkan tekanan darah pada penelitian yang terbatas. Sebuah studi hewan dari tahun 2007 menemukan bahwa spirulina bisa mencegah hipertensi dan melindungi dari aterosklerosis (peradangan pada pembuluh darah).

READ:  Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

 11. Pencegahan  Stroke

Studi laboratorium dengan menggunakan sampel hewan telah menemukan bahwa spirulina dapat meningkatkan kualitas saraf dan dapat membantu mencegah stroke. Sebuah studi di Oregon State University menemukan bahwa tikus yang diinduksi dengan stroke dan ketika memakan spirulina dalam beberapa hari , mengalami penurunan 75% pada lesi otak.

12. Kesehatan Otak

 Sifat antioksidan dari spirulina diyakini mampu melawan stres oksidatif pada otak dan mungkin mengurangi risiko Alzheimer, Parkinson dan gangguan neurodegenerative lainnya.

13. Kesehatan mata

Studi awal menunjukkan bahwa spirulina mungkin mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Dengan beberapa hasil penelitian para ahli medis menunjukkan bahwa betapa besar manfaat spirulina dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu pentingnya mengkonsumsi spirulina ini baik dalam bentuk sayuran maupun dalam bentuk suplemen herbal.