8 Obat Tradisonal untuk Anak

6 Cara Menangani Penyakit Flu pada AnakAnak merupakan harapan dan tumpuan satu-satunya bagi orang tua dimasa yang akan datang. Oleh karena itu pentingnya merawat dan mendidik anak sebaik mungkin agar anak dapat tumbuh sehat dan cerdas. Kecerdasan dan kesehatan anak sangat dipengaruhi oleh pemenuhan gizi yang seimbang. Namun terkadang dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat dapat mempengaruhi kesehatan anak.

Pada saat kesehatan anak menurun atau sedang menderita karena sesuatu penyakit, hal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah berusaha untuk menyembuhkan penyakit anak baik dengan melalui pertolongan dokter maupun dengan meramu Obat Tradisonal untuk Anak dirumah.

Ada beberapa penyakit yang terkadang harus segera memerlukan pertolongan pertama sebelum ditangani oleh dokter ataupun tanpa penanangan dokter dapat kita sembuhkan sendiri dirumah dengan mempersiapkan obat tersebut sebagai kelengkapan P3K dirumah seperti:

8 Obat Tradisonal untuk Anak

1. Gangguan pencernaan (Diare)
Jika anak kita mengalami gangguan pencernaan seperti diare, pertolongan pertama yang terbaik adalah dengan memberi minum pada anak agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu berikan beberapa pilihan makanan seperti pisang, nasi, saus apel dan roti panggang kemudian kunjungi dokter anak untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

2. Sembelit atau konstipasi
Sembelit atau konstipasi atau dyschezia adalah penyakit yang mengacu pada penurunan fungsi usus sehingga kesulitan untuk buang air besar. Pada kondisi parah sembelit ini dapat menyebabkan obstruksi usus dan dapat mengancam jiwa.
Perawatan sembelit anak memberikan obat pencahar atau dengan menggunakan ramuan tradisional seperti meminumkan anak air rebusan daun alamanda 30 gram dan atau berikan makananan yang mudah (pepaya masak).

READ:  Cara Menyapih Anak dengan Baik

3. Penanganan pada luka bakar minor
Penanganan pada luka bakar minor yang diderita oleh anak dengan memberikan ramuan dari campuran baking soda dan cuka dengan komposisi yang sama kemudian menyiramkan pada luka bakar anak. Reaksi antara keduabahan diatas dapat menciptakan efek pendinginan dan dapat menenangkan rasa sakit akibat luka bakar tersebut.

4. Pengobatan pada sakit kepala
Sakit kepala tidak hanya dapat diderita oleh orang dewasa saja, sakit kepala ini juga dapat dirasakan oleh anak-anak. Untuk mengatasi sakit kepala ini, cukup dengan memberikan air minum yang banyak dan mengurut kepala hingga leher anak. Berikan penekanan pada jari telunjuk dan ibujari anda pada saat mengurut anak. Jika hal ini kurang membantu, gunakan minyak alami yang aman untuk anak sambil melakukan pijatan lembut pada bagian kepala anak.

READ:  Perawatan dan Pengobatan untuk Autisme

5. Pengobatan sakit gigi pada anak
Pengobatan sakit gigi pada anak dengan mengoleskan minyak cengkeh pada kapas kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.
Jika dengan cara diatas tidak dapat menyembuhkan sakit gigi anak, gunakan satu siung bawang putih atau bawangmerah kemudian menghaluskannya bersama dengan garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Obat pilek untuk anak
Untuk mengatasi hidung tersumbat karena pilek pada anak, cukup dengan melarutkan beberapa butir garam kasar kedalam air untuk digunakan sebagai obat pencuci hidung. Olesi air garam tersebut pada lubang hidung anak, hal ini dapat membantu meringankan pilek dan hidung tersumbat.

7. Obat sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan pada anak dapat diatasi dengan berkumur dengan air garam.
Selain itu anda bisa mencoba minumkan anak ramuan dari sendok makan jus lemon jeruk 1 sdm, madu ½ sdm dan satu cangkir air hangat. Aduk hingga rata sebelum diminum. Perhatian, ramuan ini tidak cocok untuk bayi dibawah satu tahun.

8. Obat batuk untuk anak
– Madu dan Lemon
Untuk mengobati batuk pada anak, kita bisa gunakan ramuan dari campuran madu dan lemon masing-masing 1 sdt kemudian tuangkan pada segelas air hangat untuk diminum. Meminum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari dapat meredakan batuk anak.

READ:  Cara Menemukan Hobi Anak

– Teh Jahe
Salah satu obat batuk yang ampuh untuk anak yaitu dengan menyeduh irisan jahe pada segelas teh hangat. Minum ramuan ini 2 hingga tiga kali sehari untuk mempercepat kesembuhan batuk anak.

– Daun Kemangi
Untuk meredakan batuk pada anak, cukup dengan merebus hingga mendidih 3-5 helai daun kemangi dengan menggunakan air putih sebanyak 2-3 gelas. Minum ramuan ini selagi masih dalam keadaan hangat.

Kesehatan anak sangat perlu untuk diperhatikan agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas sebagai aset orang tua yang tiada bandingannya. Mempersiapkan obat dirumah sebagai pengobatan darurat dikala anak sedang sakit. Semoga 8 Obat Tradisonal untuk Anak diatas jika anak anda sedang mengalami gangguan penyakit seperti diatas.