8 Cara Alami Mengobati Eksim pada Anak

8 Cara Alami Mengobati Eksim pada AnakPenyakit Eksim adalah satu dari sekian banyak jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh anak-anak. Kehadiaran eksim pada kulit  tentu sangat mengganggu kenyamanan anak karena rasa gatal yang tak tertahankan. Penyakit eksim ini dapat menyebabkan kekeringan, gatal dan peradangan pada permukaan kulit anak.

Ketika anak sedang mengeluarkan banyak keringat ataupun pada kondisi cuaca yang panas, akan membuat kulit lebih teriritasi serta menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Oleh karena itu menjaga agar anak tidak bermain ditempat yang terbuka yang bisa menyebabkan sinar matahari memapar kulit mereka sangat penting untuk kita perhatikan sebagai orang tua.

Untuk menjaga kelembaban alami kulit, memandikan anak secara teratur dan memilih sabun khusus untuk anak yang banyak mengandung minyak alami atau menggunakan sabun yang ringan untuk mencegah iritasi pada kulit anak. Menggunakan air dengan suhu yang tidak terlalu dingin yang memungkinkan anak bisa berendam selama 15-20 menit sehingga lapisan luar kulit dapat terlembabkan. Hindari menggosok berlebihan pada kulit akan membantu meringankan penderitaan anak dari penyakit eksim ini.

Untuk membantu mengobati eksim anak, tambahkan oatmeal koloid seperti Aveeno atau jika perlu menggunakan oatmeal sebagai pengganti sabun. Pada saat anak hendak mandi, tuangkan 2 cangkir oatmeal koloid ke dalam air hangat. Oatmeal ini adalah serbuk halus yang akan tetap tersuspensi dalam air.
Jika ingin menggunakan oatmeal sebagai pengganti sabun, bungkus oatmeal koloid kedalam saputangan lalu mengikatnya dengan karet gelang. Basahi sapu tangan tersebut kemudian peras hingga ekstrak oatmeal keluar. Setelah mandi, kulit harus dikeringkan dengan handuk.

READ:  7 Diet Pilihan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Gunakan krim emolien untuk meningkatkan kelembaban alami pada kulit anak. Salah satu pelembab terbaik untuk kulit yang terkena eksim adalah pelembab yang berbasis minyak tumbuhann dan bebas aroma.

Rasa gatal yang tidak tertahankan sehingga anak senantiasa ingin menggaruknya, hal ini akan semakin memperparah kondisi eksim anak. Oleh karena itu menjaga memperhatikan kesehatan kuku dan menggunting kuku anak secara rutin akan sangat membantu dalam menghentikan perkembangan eksim.
Selain dengan cara- cara diatas, beberpa pengobatan eksim lainnya yang bisa anda lakukan dirumah seperti dibawah ini.

Cara alami mengobati eksim pada anak
– Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena eksim untuk menjaga kulit halus dan lembut.
– Buatlah pasta dari cendana 1 sdt dan kapur barus 1 sdt lalu terapkan pada kulit yang terkena eksim.
– Gunakan ramuan dari bubuk kunyit dan daun nimba masing-masing 1 sendok makan untuk dijadikan pasta sebagai obat alami untuk eksim.
– Aplikasikan Lotion Calamine pada kuit yang terkena eksim karena lotion ini sangat cocok untuk berbagai jenis ruam.
– Obat lain yang disarankan untuk eksim adalah oleskan beberapa witch hazel pada daerah yang terkena eksim dengan terlebih dahulu mengoleskannya pada bola kapas.
– Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari sintetis, menggunakan pakaian yang berbahan dasar kapas akan sangat membantu dalam meringankan penyebaran eksim kedaerah kulit lainnya.
– Hilangkan semua makanan yang dapat memperburuk eksim. Secara tradisional telur, jus jeruk dan susu akan memperburuk eksim pada anak-anak demikian juga halnya tomat, buah jeruk, makanan asin, lemak olahan, gula putih, kopi, daging merah atau bawang putih mentah. Tes alergi akan memastikan apakah makanan tertentu lainnya dapat berkontribusi terhadap eksim.

READ:  Penyebab dan Cara Mencegah Kelahiran Prematur

– Minyak atsiri telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat rumah sukses untuk eksim dan kondisi kulit lainnya. Sekarang ini penyembuhan eksim dengan menggunakan minyak alami telah diformulasikan secara khusus untuk eksim.

Eksim merupakan penyakit kulit yang dapat menimbulkan kulit kering, ruam, iritasi dan rasa gatal yang luar biasa. Untuk mengatasi eksim pada anak selain dengan penanganan medis dapat pula diatasi dengan bebrapa ramuan alami yang dapat kita buat sendiri dirumah. Jika anda hendak meringankan gejala eksim pada anak annda dengan menggunakan ramuan tradisional, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara alami mengatasi eksim pada anak diatas untuk mempercepat proses penyembuhan eksim pada anak anda.