Cara Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

Cara Meningkatkan Fungsi dan Kinerja OtakOtak merupakan pusat pengendali semua aktivitas dalam tubuh manusia baik perilaku maupun pikiran seseorang sehingga otak sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu pentingnya memelihara dan menjaga otak agar dapat berfungsi dengan baik.

Otak manusia yang hanya memiliki volume yang cukup kecil ( sekitar 1350cc) dan memiliki tidak kurang dari 100 juta sel saraf ini memiliki tugas yang berat sebagai pusat pengendali. Namun bagaimana akibatnya pada tubuh kita jika otak ini tidak berfungsi secara maksimal.

Otak sebagaimana organ tubuh lainnya membutuhkan beberapa nutrisi penting untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan kinerjanya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan otak ini seperti omega-3, namun sayangnya omega -3 ini tidak dapat dapat diproduksi oleh tubuh kita melainkan hanya di temukan pada ikan salmon, ikan tuna, telur, dan beberapa sumber makanan lainnya. Minyak ikan salmon ini selain dapat membantu kinerja otak juga perperan penting untuk menjaga otak dari penuaan dini.

READ:  Gejala Dan Penanganan Depresi Pasca Persalinan

Selain itu Ikan juga telah dikenal sebagai makanan otak yang baik, seperti pada sebuah penelitian baru-baru ini menemukan keterkaitaantara tingkat omega-3 dalam darah dengan penyusutan otak, penurunan fungsi otak dan kehilangan memori sehingga sangat rentan terhadap penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia.

Penelitian ini melibatkan 1.575 orang yang menjalani tes pada beberapa fungsi otak, scan otak dan pemeriksaan darah dan pada beberapa faktor pertimbangan lainnya seperti umur, pendidikan, jenis kelamin dan merokok.

Secara alamiah otak manusia mengalami penurunan dalam hal volume dan fungsi seiring dengan meningkatnya usia seseorang. Dari hasil penelitian diatas menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat omega-3 yang rendah, memiliki volume otak yang mirip dengan orang-orang yang memiliki usia dua tahun lebih tua dari mereka. Tes kognitif yang dilakukan dengan kelompok ini juga menunjukkan bahwa fungsi otak mereka mirip dengan orang yang memiliki usia dua tahun lebih tua dari mereka.

READ:  3 Cara Mudah Untuk Menentukan Masa Subur Wanita

Orang dengan tingkat yang lebih rendah dari omega-3 juga menunjukkan jumlah materi putih pada otak (sel saraf yang dikelilingi oleh lemak terisolasi) yang lebih tinggi. Meningkatnya volume materi putih ini memberi kecenderungan terkena stroke dan demensia.

Dengan adanya penelitian tersebut bukan berarti kita harus melahap ikan secara besar-besaran namun disarankan untuk mengkonsumsi ikan laut sekitar 8 ons setiap minggu untuk membantu mencegah beberapa penyakit lainnya salah satunya adalah masalah  jantung.

Pentingnya menjaga nutrisi otak untuk menghidarkan kita dari beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi dan volume otak kita. Mengkonsumsi ikan laut yang kaya akan omega 3 serta beberapa sumber omega 3 lainnya seperti biji kenari dan pada beberapa jenis ikan laut merupakakan cara terbaik untuk Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak kita.

READ:  Ciri-Ciri Penderita MERS