Makan Daging yang Aman dari Kolesterol

Obat kolesterolPenyebab stroke salah satunya dipicu akibat pengendapan kolesterol dalam aliran darah. Selain stroke, akibat pengendapan koleterol jahat ini juga dapat memicu penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya pada tubuh kita.

Kolesterol biasanya disebabkan oleh beberapa sumber makanan yang berlemak tinggi seperti yang terkandung pada daging hewan utamanya daging merah. Senyawa berbahaya yang terkandung pada daging ketika dicerna dalam tubuh akan mengendap didalam aliran darah akibatnya pembuluh darah akan menyempit dan mempersulit pengaliran darah atau bahkan dapat merusak pembuluh darah kita.

Untuk mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh kita terkadang dokter menyarankan untuk mengkonsumsi atau meminum segelas anggur merah setelah setelah mengkonsumsi daging merah akan mencegah penimbunan kolesterol dalam aliran darah.

READ:  Apa itu Schizophrenia?

Polifenol dalam buah anggur merupakan antioksidant yang baik dan hal ini dapat mencegah masuknya kolesterol dalam aliran darah kita. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa polifenol dalam anggur merah dapat menghindarkan kita dari penumpukan kolesterol seperti pada penelitian terbaru ini pada sejumlah orang yang dibagi dalam dua kelompok dan diberi makanan yang sama selama empat hari. Kelompok pertama mengkonsumsi daging tanpa mengkonsumsi anggur merah dan kelompok berikutnya meminum segelas anggur merah setelah mengkonsumsi daging.

Dari hasil penelitian kembali menunjukkan bahwa kelompok yang tidak meminum anggur merah setelah makan daging memberi peningkatkatan kolesterol diatas 40 persen sementara kelompok lainnya justru memiliki tingkat kolesterol yang cenderung menurun.
Pada penelitian lainnya ditemukan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi kentang, buah tomat dan beberapa jenis buah yang mengandung antioksidant tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

READ:  Gejala dan Pengobatan Infeksi Pada Vagina

Jadi jika anda hendak mengkonsumsi daging dalam jumlah yang banyak, setidaknya meminum segelas anggur merah ataupun mengkonsumsi buah anggur merah. Selain itu jangan lupa untuk tidak mengabaikan buah dan sayuran lainnya yang banyak mengandun antioksidant.