9 Tips Membangun Hubungan Keluarga yang Harmonis

Cara membangun keluarga yang bahagia  bahagiaMembina hubungan komunikasi baik dengan pasangan sangat untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

Keharmonisan dalam lingkungan keluarga merupakan syarat utama untuk kelanggengan suatu rumah tangga.

Dalam hidup berumah tangga, banyak problem keluarga yang bisa muncul dan diperlukan suatu pemahaman yang baik untuk bisa keluar dari problem tersebut.

Kurangnya pemahaman dalam menjalani hidup berumah tangga dapat berakibat fatal dan bisa mengarah pada hancurnya tatanan dalam keluarga.

Salah satu cara melanggengkan hubungan berumah tangga yaitu saling memahami antar pasangan, saling pengertian dan menjalin komunikasi yang baik.

Dan untuk lebih jelasnya, tips membangun hubungan keluarga yang harmonis dibawah ini akan mengarahkan kita pada keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

9 Tips Membangun Hubungan Keluarga yang Harmonis

1. Hadapi dengan sikap sabar
Jangan merespon dengan kemarahan kepada anggota keluarga ketika mereka melakukan suatu kesalahan. Tetapi berilah pemahaman yang baik agar perbuatan tersebut tidak terulang untuk kedua kalinya. Memeberi respon dengan kemarahan hanya akan memperburuk suatu keadaan dan sama sekali tidak akan menyelesaikan suatu masalah.

READ:  Cara Menghilangkan Rambut Kemaluan Secara Permanen

2. Jadilah pendengar yang baik
Setiap perkataan dari suami/ isteri sebaiknya kita dengarkan dengan baik. Jangan menyela selagi pasangan sedang berbicara. Jangan pernah memperdebatkan suatu masalah tetai lebih pada mencari solusi yang tepat.

3. Beri kebebasan ruang dan waktu
Sering kali pertengkaran antar pasangan terjadi yang ada hubungannya dengan keluarga besar suami/isteri kita. Terkadang salah satu pasangan tidak memberi kesempatan kepada pasangannya untuk berbicara secara pribadi dengan keluarga besarnya.

Kedatangan mereka seringkali diduga ada hubungannya dengan meminta bantuan (ekonomi atau financial) padahal mungkin hanya kunjungan silaturahmi saja.

4. Mengendalikan Emosi
Memanajemen emosi atau mengendalikan emosi ketika terjadi kesalah pahaman akan memberi peluang dalam menemukan solusi yang tepat. Jangan pernah mengedepankan emosi dan sikap ego jika ingin menemukan solusi dari kesalahpahaman. Berpikir jernih dan hati yang dingin serta dalami akar permasalahan kemudian cari jalan keluar permasalahan anda.

READ:  8 Tips Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga

5. Menghargai pasangan
Saling menghargai antar pasangan sangat penting artinya dalam menciptakan kerukunan dalam berumah tangga. Jangan meremehkan pasangan apalagi dihadapan keluarga besarnya karena hal ini bisa menjadi penilaian negatif pada diri kita.

6. Memposisikan diri
Memposisikan diri pada anggota keluarga. Menanamkan rasa empati tentang apa yang mereka rasakan dan menjadi bagian dari kita.

7. Jangan mengungkit masa lalu
Jangan mengungkit persoalan yang telah lewat ketika terjadi perselisihan karena hal ini tidak ada ujung penyelesaiannya dan justru menambah panasnya suasana hati. Lupakan masalah yang telah lewat dan cari solusi dengan masalah yang sedang dihadapi.

8. Berbagi pengalaman
Saling berbagi dalam hal yang positif untuk saling menguatkan dalam menghadapi tantangan hidup berumah tangga.

READ:  Area Tubuh Wanita Paling Sensual Saat Disentuh

9. Luangkan waktu untuk pasangan
Luangkan waktu untuk bersantai dan bercinta pada pasangan kita. Untuk lebih baiknya cobalah membuat jadwal bersama untuk hal ini.

Menciptakan hubungan yang harmonis dalam lingkup keluarga tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tetapi kunci dari segalanya adalah intensifkan komunikasi yang baik, sopan dan santun serta ramah dalam kondisi apapun. Semoga 9 Tips Membangun Hubungan Keluarga yang Harmonis diatas bisa menjadi referensi yang baik dalam menciptakan keluarga yang harmonis dan langgeng selamanya.