Kegunaan Dari Pepaya Muda Untuk Kesehatan

Kegunaan Dari Pepaya Muda Untuk KesehatanSemua orang pasti telah mengetahui buah pepaya. Kegunaan dari pepaya untuk kesehatan pasti sudah banyak orang yang telah mengetahuinya. Tapi yang perlu Anda ketahui bukan cuma pepaya yang sudah matang dan berwarna orange saja yang mempunyai manfaat kesehatan. Tapi pepaya yang masih muda pun memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pepaya yang dimaksud disini adalah pepaya muda atau yang belum matang pada umumnya pepaya muda yang berwarna hijau dan belum memiliki biji. Pada pepaya muda biasanya bagian dalamnya berwarna lebih putih. Pepaya muda memang sangat berbeda dengan pepaya yang sudah matang, ini disebabkan pepaya matang lebih terasa enak dan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam pepaya muda sangat banyak diantaranya potasium, magnesium, vitamin A, C, B, dan E. Selain itu mengandung vitamin dan mineral, dalam pepaya muda juga terdapat enzim papain dan chymopapain yang sangat baik untuk perut.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari  pepaya muda untuk kesehatan:
1. Menjaga Pencernaan
Pepaya muda yang terdapat enzim papain dan chymopapain sangat berfungsi menjaga kesehatan pada pencernaan dan terbentuknya gas dalam perut. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pepaya muda tidak akan mengakibatkan kembung dan menimbulkan sistem pada pencernaan berfungsi lebih lancar.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kegunaan buah pepaya sangat baik untuk memberikan sistem kekebalan pada tubuh. Pepaya sangat banyak mengandung vitamin A, C, dan E. Fungsi dari pepaya muda sangat membantu mencegah terjadinya infeksi, pilek, dan batuk.

3. Menyembuhkan Konstipasi
Dalam pepaya muda, papain berfungsi membantu mengatasi konstipasi secara alami. Dibandingkan dengan pepaya yang sudah matang tidak mempunyai papain sebanyak yang dimiliki pepaya muda.

4. Membersihkan Usus
Salah satu cara yang baik dan mudah untuk membersihkan usus yaitu dengan mengkonsumsi jus pepaya muda. Dalam pepaya muda terdapat nutrisi dan mineral yang juga berfungsi menyehatkan pencernaan, tidak hanya membersihkannya dari zat yang beracun dan kotoran yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan Produksi ASI
Untuk ibu yang sementara menyusui, pepaya muda sangat bagus untuk memberikan produksi ASI. Dengan demikian ibu tidak perlu cemas ASI yang diproduksi tidak cukup untuk si buah hati.

6. Melindungi dari Infeksi Saluran Kemih
Pepaya muda juga sangat berfungsi untuk melindungi sistem pengeluaran tubuh dan melindunginya dari infeksi saluran kemih. Dengan mengkonsumsi jus pepaya muda dapat mencegah berkumpulnya bakteri pada saluran kemih.

Itulah manfaat pepaya muda untuk kesehatan tubuh. Anda jangan ragu dalam mengkonsumsinya karena pepaya muda mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.