Kandungan dan Manfaat Buah Anggur pada Kesehatan

Nutrisi Buah AnggurVinifera Vitis atau yang biasa dikenal dengan buah anggur ini hadir dalam beberapa varietas, warna dan cita rasa yang beda.

Dibalik aroma dan rasa manisnya, buah anggur ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Anda dapat memanfaatkan buah anggur dalam bentuk jus, kismis, cuka, selai ataupun anda bisa memakannya dalam bentuk buah.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam buah anggur seperti asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, besi, beberapa vitamin, kalsium dan asam folat dll.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa kandungan dan manfaat buah anggur dalam kesehatan kita, berikut rangkuman kandungan dan manfaat buah anggur untuk kesehatan.

1. Anggur dapat mencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di Indonesia dan Amerika. Penyakit ini terjadi ketika penimbunan lemak atau yang biasa disebut plak di dinding arteri. Bila kondisi ini dibiarkan, akan menghambat pembuluh yang membawa darah dari jantung ke otak yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sering mengkonsumsi buah anggur merah dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Hal ini terjadi karena kemampuan buah ini untuk menjaga penimbunan plak pada arteri jantung.

Antioksidan dalam buah anggur ini yang dikenal dengan polifenol yang mampu menjaga arteri dari penimbunan lemak jahat. Selain itu, Anggur juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang mencegah pembekuan darah dan mengurangi serangan jantung.

Nutrisi lainnya berupa Pterostilbene yang berkontribusi dalam mengurangi trigliserida dan kolesterol dengan cara meningkatkan kemampuan enzim lain untuk mengurangi kadar lemak dalam darah.

READ:  Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis dan Tahapan Perkembangannya

Senyawa tambahan yang disebut saponin yang ditemukan dalam anggur juga berguna untuk mencegah tubuh dalam menyerap kolesterol jahat.
Antioksidan penting lainnya adalah alfa tokoferol yang juga dikenal sebagai vitamin E. Ketika alfa tokoferol kita penuhi tentunya akan meningkatkan aktivitas antioksidan lainnya dalam darah. Jadi inilah bukti ilmiah bahwa buah anggur dapat mencegah atau mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Anggur dapat mengurangi resiko kanker
Asam caffeic adalah bahan yang terbukti mampu melawan kanker dan asam ini banyak ditemukan dalam buah anggur.
Kandungan buah anggur lainnya berupa Bioflavonoid yang berfungsi dalam memudahkan tubuh menyerap vitamin C dan membantu vitamin C untuk meningkatkan kesehatan jaringan tubuh.

READ:  3 Cara Mencegah Rasa Ngantuk di Siang Hari

Bioflavonoid memiliki kemampuan untuk memperkuat sel-sel yang melawan kanker atau membantu menghancurkan sel-sel yang sudah menjadi kanker. Resveratrol yang terdapat dalam anggur juga berperan penting untuk menggagalkan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker hati.

3. Anggur dapat mencegah penuaan dini
Senyawa Ensim polifenol seperti resveratrol yang ada dalam buah anggur tidak hanya membantu melawan penyakit jantung dan kanker, tetapi juga memfasilitasi melawan efek penuaan.

Antioksidan resveratrol ini memiliki efek posiitif pada gen yang mempengaruhi penuaan karena membatasi asupan kalori yang telah dikaitkan dengan penuaan dini. Flavonoid adalah antioksidan yang kuat dan peran penting dalam menghambat penuaan akibat radikal bebas.

READ:  Cara Alami Mengobati Biang Keringat Anak

4. Anggur dapat melindungi tubuh dari infeksi virus
Anggur mengandung sifat antibakteri dan antivirus jika tubuh memiliki senyawa polifenol dalam konsentrasi tinggi dalam hal ini adalah tanin. Tanin adalah salah satu bentuk polifenol lain yang dapat membantu melawan virus dan melindungi tubuh terhadap infeksi.

Kandungan buah anggur sangat kaya akan vitamin (vitamin A, C, B6 dan folat), Mineral (fosfor, kalium, zat besi, kalsium, selenium dan magnesium), Protein dan serat. Oleh karena itu, menambahkan anggur dalam diet harian anda jelas dapat meningkatkan kesehatan anda.