Makanan Untuk Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan diniPenuaan dini adalah kondisi kulit yang kehilangan elastisitas dan kesegarannya pada individu yang masih terbilang muda.

Penuaan kulit ini sebenarnya hal yang wajar terjadi pada kulit kita, namun terkadang kehadiran mereka begitu cepat dari kondisi kulit yang normal.

Penuaan dini terjadi biasanya karena disebabkan oleh beberapa faktor pemicu seperti kurangnya pasokan nutrisi untuk kulit, paparan sinar matahari, Radikal bebas dan karena faktor cuaca, stres dan lain sebagainya.

Loading...

Datangnya penuaan dini pada kulit terkadang sangat sulit untuk diatasi serta perawatannya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menormalkannya kembali.
Oleh karena itu sebelum penuaan kulit muncul pada permukaan kulit kita, alangkah lebih baik jika kita mencegahnya terlebih dahulu.

Beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit serta menjaga kulit kita tetap awet muda antara lain:

READ:  Gangguan dan Perawatan Kulit karena Faktor Penuaan

Makanan Untuk Mencegah Penuaan Dini

  • Buah delima untuk melembutkan kulit

Buah delima dalam bahasa ilmiahnya Punica granatum ini banyak ditemukan didaerah tropis maupun pada subtropis. Keistimewaan Delima ini karena kaya akan vitamin C, yang melindungi kulit dari kerusakan seperti kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Menurut Debra Jaliman, MD, asisten profesor Dermatologi di Mt. Sinai School of Medicine, NYC, biji delima mengandung senyawa yang berguna untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kolagen kulit kita.

  • Blueberry untuk mengencangkan kulit

Blueberry atau Vaccinium ini dikenal karena sifatnya sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan efektif terhadap radikal bebas yang akan merusak kulit kita.

Mengkonsumsi Blueberry ½ cangkir per hari akan memberi kekencangan kulit serta menghilangkan garis-garis halus pada kulit.

  • Bayam untuk mengencangkan kulit
READ:  Cara Merawat Kaki agar Tetap Halus dan Lembut

Mengkonsumsi sayur bayam sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Bayam dengan nama ilmiah Amaranthus ini kaya akan fitonutrien yang melindungi kulit terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, Bayam juga kaya akan beta-karoten dan lutein yang proaktif dalam meningkatkan elastisitas kulit, kata sebuah studi dalam Journal of Agricultural Food Chemistry.
Mengkonsumsi Bayam 3 mangkuk setiap minggunya akan menjaga elastisitas kulit kita.

  • Sarden dan salmon memperkuat membran sel

Sarden, Salmon dan mackerel adalah jenis ikan laut yang kaya akan omega-3. Omega-3 ini berfungsi untuk melembabkan kulit dan memperkuat membran sel.

Mengkonsumsi ikan Sarden ataupun ikan Salmon 6 ons pada setiap minggunya sangat baik untuk membuat kulit tetap awet muda.

  • Teh Hijau menghilangkan flek hitam atau coklat pada kulit
READ:  11 Cara Mudah untuk Memutihkan Kulit yang Kusam

Teh hijau mengandung catechins yang melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, Teh hijau ini juga bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas.
Mengkonsumsi Teh hijau secangkir sehari akan memberi efek positif pada kulit.

  • Semangka untuk melembabkan kulit

Semangka dengan nama ilmiah Citrulus vulgaris sangat kaya akan vitamin C, lycopene dan kalium. Manfaat mengkonsumsi semangka pada kulit, untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan air dalam sel kulit.

Penuaan dini adalah kondisi kulit yang kehilangan elastisitas dan kesegarannya pada individu yang masih terbilang muda. Kondisi ini dapat dicegah dengan menutrisi kulit secara lengkap serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari dalam waktu lama. Semoga cara mengatasi penuaan dini diatas dapat bermanfaat untuk kesegaran kulit anda.

Loading...