Rahasia Perawatan dan Kecantikan Kulit

Cara merawat kulit yang tepatBanyak cara untuk membuat tampilan kulit tetap sehat dan cantik, namun tidak semuanya cocok untuk jenis kulit kita.

Untuk menemukan perawatan yang tepat mungkin kita perlu mencoba berbagai jenis perawatan tapi hal ini akan beresiko pada kesehatan kulit kita sendiri.

Sebenarnya untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit diperlukan langkah perawatan dasar yang berlaku untuk semua jenis kulit. Setelah perawatan mendasar telah kita penuhi, selanjutnya kulit hanya memerlukan sedikit polesan kosmetik untuk melengkapi kesempurnaan kulit.

Rahasia Perawatan dan kecantikan kulit

Menggunakan sunscreen.
Menggunakan sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet yang dapat menyebabkan kerutan pada kulit, penuaan dini, bintik-bintik hitam kecoklatan karena penuaan, dan kanker.
Kandungan utama sunscreen atau sunblock ini adalah zinc oxide atau titanium dioxide yang sangat aman untuk kulit kita, termasuk pada jenis kulit yang sensitif.

READ:  6 Kesalahan Sering Terjadi pada Perawatan Kecantikan

Minum air yang cukup
Mengkonsumsi air yang cukup (± 8 gelas perhari) akan menjaga kelembaban kulit serta menncegah munculnya garis halus pada kulit kita. Fungsi air sendiri pada tubuh adalah untuk menetralisir jenis-jenis racun yang masuk kedalam tubuh kemudian membuangnya melalui keringat ataupun urin kita.

Nutrisi yang seimbang
Pentingnya memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, utamanya vitamin dan mineral untuk kulit. Kulit kita sangat membutuhkan beberapa vitamin seperti vitamin A, Vitamin B, C,E dan vitamin D serta beberapa nutrisi lainnya.

Olahraga yang cukup
Olahraga sangat penting artinya dalam menjaga kulit tetap awet muda. Pada saat kita melakukan olahraga, proses pengaliran darah akan berjalan lancar sehingga sel-sel kulit kita akan ternutrisi denga baik.

READ:  7 Tips Dan Cara Mengatasi Kerutan Kulit Di Area Mata

Tidur yang cukup
Tidur setidaknya 6 – 8 jam setiap malam akan memberi kesempatan pada tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau mengalami penuaan, demikian pula halnya dengan sel-sel kulit yang telah tua. Tidur malam yang cukup akan mempercepat regenarasi sel kulit yang rusak.

Mengatasi kulit kering karena faktor usia
Salah satu faktor penyebab terjadinya kulit kering adalah karena faktor usia. Pada usia tua, tubuh akan mengalami penurunan fungsi kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Hal inilah yang membuat kulit nampak kering dan kaku serta nampak kusam.

Selain faktor usia, kulit kering juga dapat disebabkan karena keseringan mandi dengan menggunakan bahan pembersih yang kuat dan atau karena terpapar detergen yang berbahan kimia kuat.

READ:  5 Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Penyebab lain terjadinya kulit kering seperti keseringan menggunakan kosmetik serta obat-obatan tertentu lainnya. Hindari penggunaan sabun yang keras ketika mandi.

Jadi untuk mempertahankan kelembaban kulit, cobalah menggunakan sabun berbahan alami yang tidak mengandung bahan pewarna, parabens atau parfum. Setelah selesai mandi, alangkah baiknya jika menerapkan lotion pelembab pada daerah kulit yang terlihat kusam dan kering.