Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Indah

Cara manikur dirumahJangan pernah remehkan kebersihan dan keindahan kuku. Kuku bagaikan dua sisi mata pisau, karena disamping dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, juga bisa memberi nilai tambah dalam segi penampilan kita.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada kuku, seperti pertumbuhan kuku yang tidak sempurna, infeksi maupun kondisi kuku yang rapuh atau mudah patah. Oleh sebab itu, jika kita menginginkan pertumbuhan kuku yang sempurna, kita perlu memberi perhatian yang cukup dengan melakukan perawatan secara rutin sekaligus memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan kuku kita.

Pada kebanyakan wanita yang sangat memperhatikan kuku mereka, salon kecantikan biasanya menjadi tujuan mereka. Sebenarnya untuk melakukan perawatan kuku selain pada salon kecantikan, kita dapat merawatnya dirumah jika saja kita mengetahui cara mendapatkan kuku yang sehat dan indah.

Jika anda bermaksud untuk melakukan perawatan kuku dirumah, yang pertama anda perlu perhatikan adalah bagaimana menutrisi kuku anda dengan baik, karena hal ini sangat menentukan kesehatan dan keindahan kuku kita.

Tips merawat kuku agar sehat dan indah

1. Diet sehat untuk kuku
Diet sehat untuk kuku yaitu dengan mengkonsumsi beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kuku. Kita mungkin telah tau bahwa kuku terdiri dari kalsium dan mineral lainnya. Jadi, sangat penting untuk memberi pasokan yang cukup kalsium, vitamin A, fosfor, seng, asam folat, silika, vitamin C.

READ:  Tips Menggunakan Make Up Ketika Wajah Berjerawat

Minum susu dan makanan hasil olahan susu seperti keju, yoghurt dll merupakan nutrisi penting untuk kuku kita. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi telur, sayuran berdaun hijau seperti bayam, peterseli, ketumbar, brokoli, aprikot, wortel, almond juga suplemen yang sangat baik untuk diet anda.

Minum banyak air selain dapat mencegah terjadinya kulit keriput, juga dapat mencegah kerapuhan kuku. Defisiensi Vitamin B12 menyebabkan kekeringan dan warna gelap pada permukaan kuku.

2. Menjaga kebersihan kuku
Menjaga kebersihan kuku setiap harinya agar kuku kita terlihat indah sekaligus menjamin kesehatan kita secara menyeluruh. Merapikan kuku secara teratur, jauhkan kuku kita dari suhu yang ekstrim agar mencegah kuku agar tidak mudah rapuh atau patah. Gunakan air hangat untuk membersihkan kuku.

3. Menjaga kelembaban kuku
Menjaga kuku agar tetap lembab dengan menerapkan pelembab khusus. Memijat dengan menggunakan minyak hangat sekali dalam seminggu bermanfaat untuk melembutkan jari-jari dan kuku kita.
Minyak Vitamin E dan minyak jarak sangat baik untuk keindahan kuku kita. Selain itu, minyak jelly untuk memijat kuku dapat merangsang sirkulasi darah dan membantu untuk pertumbuhan kuku yang lebih cepat.

4. Hindari bahan-bahan kimia
Hindari bahan kimia pada kuku anda karena mereka dapat merusak dan merapuhkan kuku kita. Jika ingin menerapkancat kuku, gunakan base coat terlebih dahulu sebelum menerapkan cat. Gunakan aseton untuk penghapus cat kuku agar kuku kita tidak mudah rapuh.

READ:  6 Saran Agar Kulit Tetap Awet Muda

Memilih cat berwarna cerah seperti merah merah, biru neon, merah muda, abu-abu merupakan warna kuku yang populer ditahun 2013 ini .
Untuk mengkilatkan permukaan kuku, kita bisa mengoleskan cuka pada permukaan kuku kita. Base coat sangat penting untuk mencegah munculnya noda kuku yang sebenarnya agar hasil pewarnaan kuku terlihat sempurna.

5. Cara manicure di rumah
Untuk melakukan manucure dirumah, cukup mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti Air hangat, krim kutikula, gunting manicure, pemotong kuku, kikir kuku (nail filer), sikat kuku, penghilang noda kuku (nail polish remover), cat dasar, dan pengkilap kuku (nail polish).

Cara melakukan manicure
– Hapus cat kuku lama dengan menggunakan bola kapas dan nail polish remover.
– Membentuk ujung kuku anda (bulat, persegi, oval dan runcing). Bentuk ujung kuku harus sesuai dengan bentuk jari. Kikir kuku anda dalam satu arah.
– Rendam kuku dalam air hangat yang bersabun selama 5 sampai 10 menit. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial Vitamin E dan beberapa minyak esensial lainnya seperti minyak lavender (jika tersedia), garam epson (magnesium sulfat), dan beberapa tetes jus lemon (untuk menghilangkan noda kuku) .
– Oleskan krim kutikula atau Vaseline dan merangsang pertumbuhan kutikula yang baru.
– Oleskan krim atau Vaseline dan sambil memijat tangan dan jari anda secara lembut.
– Bersihkan kuku anda dengan menggunakan sikat kuku.
– Lakukan eksfoliasi kulit anda disekitar jari dan telapak tangan anda
– Rendam jari anda anda lagi lalu keringkan
– Oleskan base coat, tunggu hingga mengering lalu berikan cat pewarna kuku pilihan anda.
Jika anda memiliki kuku yang lemah, usahakan menjaga kuku anda agar tetap pendek dan rapikan setelah mandi. Gunakan pengeras kuku tetapi hindari produk yang mengandung toluene sulfonamide atau formaldehyde yang dapat menyebabkan kemerahan atau iritasi kulit.
Beberapa cara merawat kuku agar senantiasa sehat dan indah diatas semoga dapat bermanfaat untuk menambah kecantikan kuku dan jari anda.