Loading...

5 Faktor Terjadinya Insomnia

5 Faktor Terjadinya InsomniaTimbulnya insomnia sebab kejadian-kejadian buruk yang sering Anda lakukan sendiri. Bahkan kebiasaan-kebiasaan yang Anda pikir bisa memeberikan kesembuhan pada insomnia justru bisa jadi kebiasaan yang menjadi hal utama insomnia Anda.

Yang telah dilansir dari rd.com, tercatat ada 5 faktor buruk yang menjadi penyebab insomnia, diantaranya:

1. Tidur dengan Jadwal yang Berubah-Ubah

Loading...

Ada salah seorang tim medis ahli ilmu dibidang tidur dan psikolog, Michael Breus, telah mengatakan bahwa, “Saya bisa menyarankan untuk Anda, sebaiknya untuk tidur dan bangun di jam yang sama dalam setiap harinya.” Selain itu ia juga memberitahukan bahwa pada dasarnya tubuh kita sangat membutuhkan konsistensi. Nah, contohnya kalau Anda tidur dan bangun siang di akhir pekan, maka untuk bisa tidur cepat di hari biasa akan menjadi lebih sulit.

2. Menggunakan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Satu hal yang perlu diketahui bahwa tidak semua alat elektronik itu buruk, Tapi, dengan menggunakan melakukan aktifitas chatting di facebook lewat ponsel Anda akan sangat mengganggu tidur Anda. Aktivitas-aktivitas interaktif semacam inilah yang bisa mengakibatkan otak kita tidak bisa diam dan akhirnya menyebabkan insomnia.

3. Memperhatikan Jam

“Sebagian orang jika tidak bisa tertidur selalunya memperhatikan jam,” Breus telah mengatakan bahwa ketika kita melihat jam, kita akan langsung berfikir mengenai tinggal berapa jam lagi yang tersisa untuk bangun keesokan paginya. Ini akan sangat memicu produksi kortisol dan adrenalin. Dan hasilnya, Anda akan terjaga dan semakin sulit tidur.

4. Merasa Ada Kewajiban Tidur 8 Jam Sehari

Tidak semua orang wajib untuk melakukan 8 jam untuk tidur. Ada sebagian orang baru terlihat fit kalau mereka tidur dalam waktu 9 jam. Selain itu ada juga dari mereka yang sudah merasa fit walaupun baru tidur selama 6 jam. Pada saat Anda bisa terbagun tanpa menggunakan alarm dan tidak merasa lelah sepanjang hari, itulah waktu tidur yang cukup untuk Anda.

5. Tidak Memiliki Jam Tidur yang Pasti

Sebaiknya Anda harus mengetahui jam tidur Anda dimalam hari. Kemudian, simpan satu jam sebelum jam tidur Anda itu untuk melakukan sejumlah aktifitas. Dalam waktu satu jam sebelum tidur, pakai sepertiga jam pertama untuk melakukan beberapa kewajiban. Kemudian, pakai sepertiga jam kedua untuk membersihkan tubuh contohnya menggosok gigi dan ganti baju tidur. Di sepertiga jam terakhir, gunakan waktu untuk relaksasi.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang biasa menimbulkan terjadinya insomnia. Mungkin ada sebagian dari Anda yang saat ini telah mengalami hal tersebut.

5 Faktor Terjadinya Insomnia | Arwis Sudding | 4.5