13 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih dengan nama ilmiahnya Allium sativum ini Kandungan Bawang Putih selain sebagai bumbu masakan juga bermanfaat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini tidak lain karena adanya berbagai senyawa yang terkandung dalam bawah putih.

Kandungan bawang putih sendiri terdiri dari sejumlah vitamin, mineral dan beberapa senyawa penting lainnya yang bersifat sebagai anti bakteri, antivirus dan anti jamur.

Berikut adalah 15 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan yang perlu kita ketahui bersama.

1. Antibakteri dan antivirus
Bawang putih telah dibuktikan secara ilmiah mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri, virus, jamur dan infeksi yang disebabkan oleh cacing. Bawang putih ini berperan penting dalam mencegah dari keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, Salmonella enteritidis, dll13 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

2. Mengobati Infeksi Kulit
Infeksi kulit dan berbagai penyakit kulit lainnya (Panu, Kurap dan kutu air) yang disebabkan oleh jamur ataupun bakteri dapat diatasi dengan cara melumatkan bawang putih ini pada daerah kulit yang terserang infeksi. Selain itu.

3. Pengencer Darah
Ajoene ditemukan dalam bawang putih membantu dalam mencegah pembentukan bekuan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah pendarahan setelah operasi.

READ:  9 Cara Mencegah Kerusakan Rambut saat Berjilbab

4. Mengurangi Tekanan Darah
Allicin dalam bawang putih berfungsi untuk memblokade aktivitas angiotensin II dan membantu dalam mengurangi tekanan darah.

Angiotensin II merupakan stimulan kuat yang digunakan untuk meningkatkan tekanan darah dengan merangsang pelepasan aldosteron sementara secara bersamaan menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah)”.

Selain itu, polisulfida yang terdapat dalam bawang putih dapat diubah menjadi gas yang disebut hidrogen sulfida oleh sel-sel darah merah. Hidrogen sulfida ini dapat melebarkan pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

5. Melindungi dan Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat bawang putih selanjutnya adalah melindungi hati kita terhadap masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan atherosclerosis.

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi masalah kardiovaskular dan juga dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa-senyawa yang mengandung sulfur bawang putih juga mencegah pemblokiran pembuluh darah kita dan memperlambat perkembangan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

6. Mengurangi Kadar Kolesterol
Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan kami cukup trigliserida darah dan kolesterol total dan mengurangi pembentukan plak arteri.

7. Melawan Alergi
Bawang putih dikenal memiliki properti anti inflamasi dan peradangan akibat alergi pada saluran pernapasan (alergi rhinitis).
Selain itu bawang putih juga dapat dipercaya untuk meringankan nyeri rematik, menghentikan gatal karena ruam dan gigitan serangga.

READ:  Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Batu Ginjal

8. Gangguan Pernapasan
Sifat anti bakteri yang terdapat dari bawang putih dapat mengatasi serangan pilek dan mengobati iritasi pada tenggorokan. Bawang putih juga dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi pada saluran pernafasan atas. Manfaat lain dari bawang putih ini seperti dapat mengobati gangguan paru-paru seperti asma, kesulitan bernafas, dan lain-lain.

9. Diabetes
Diabetes terjadi karena kurangnya produksi insulin oleh pangkreas sehingga kadar glukosa dalam darah sangat tinggi. Dengan seringnya mengkonsumsi bawang putih ini dapat merangsang pelepasan insulin dalam mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

10. Pencegahan Kanker
Asupan harian bawang putih mampu menurunkan risiko pada sebahagian besar jenis kanker. Hal ini disebabkan karena sulfida dialil ditemukan dalam bawang putih bersifat anti kanker.

11. Meningkatkan Metabolisme Besi
Ferroportin adalah protein yang membantu dalam penyerapan dan pelepasan zat besi. Sementara, Dialil sulfida dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolisme besi.

READ:  8 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria

12. Meningkatkan Libido
Properti afrodisiak yang terdapat dalam bawang putih mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah termasuk pada alat vital. Bawang putih ini juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga sangat erat kaitannya terhadap kejantanan pria dan gairah wanita saat berintim.

13. Meringankan Sakit Gigi
Salah satu manfaat bawang putih yaitu dapat meringankan rasa sakit pada gigi karena bawang putih ini bersifat Bawang putih antibakteri dan analgesik. Tapi kita harus menyadari pula bahwa hal ini dapat mengiritasi gusi.

Sebenarnya Masih banyak lagi Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan kita yang belum saya kemukakan pada artikel ini. Tujuan penulisan artikel ini hanya sekedar untuk menyegarkan kembali ingatan kita bahwa betapa bermanfaatnya bawang putih ini jika kita sering mengkonsumsinya.