Cara Menghilangkan Rambut pada Puting Payudara

Obat Perontok Rambut PayudaraKehadiran rambut pada puting payudara wanita yang tebal, panjang dan kasar jelas akan merusak penampilan dan keindahan payudara mereka.

Pertumbuhan rambut pada payudara yang halus masih dianggap normal saja, dan hal ini umumnya dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang berhubungan dengan pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause.

Selama periode tersebut, wanita akan mengalami fluktuasi kadar hormon sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Penggunaan pil KB juga dapat mempengaruhi kadar hormon dan dapat menyebabkan pertumbuhan rambut di sekitar puting. Ini semua adalah perubahan normal dan seharusnya tidak menjadi alasan untuk dikhawatirkan.

Pertumbuhan rambut yang Abnormal pada payudara
Pada beberapa kasus, pertumbuhan rambut ini terkadang dianggap tidak normal jika pertumbuhan mereka mirip dengan pola pertumbuhan rambut pada laki-laki (Gejala hirsutisme). Hal ini bisa terjadi jika seorang wanita memiliki kelebihan hormon pria (androgen).

READ:  7 Langkah Merias Mata untuk Acara Malam

Kelebihan hormon pria pada wanita dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti:

Sindrom ovarium polikistik
Sindrom ovarium polikistik ini dapat mempengaruhi satu dari lima belas wanita, dan ini terjadi karena ketidakseimbangan dalam hormon seks yang berdampak pada ovulasi dan kelebihan rambut di tubuh wanita, termasuk pada puting mereka.

Ketika ovarium menghasilkan lebih androgen (hormon seks pria), ovarium tidak dapat melepaskan telur dan juga mengembangkan banyak kista. Selain itu, sindrom ovarium polikistik juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi, jerawat, berat badan, penurunan kesuburan, hilangnya rambut di kulit kepala dan depresi.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

READ:  5 Cara Mencerahkan Kulit Lutut atau Siku yang Gelap

Sindrom Cushing
Sindrom cushing atau hiperkortisolisme ini terjadi ketika tingginya hormon kortisol yang dapat menyebabkan hirsutisme. Hal ini mungkin disebabkan karena terlalu seringnya menggunakan obat kortikosteroid seperti prednison, atau karena pengaruh tumor di otak atau pada kelenjar adrenal.

Cara menghilangkan rambut pada puting susu
Ada banyak cara untuk menghilangkan rambut pada puting susu termasuk diantaranya dengan mencukur atau mencabutnya dengan pinset namun kedua cara ini hanya bersifat sementara saja.
Jika anda bermaksud untuk menghilangkan bulu pada puting anda secara permanen, cobalah beberapa metode seperti dibawah ini:
– Menggunakan obat perontok dalam bentuk gel, krim, atau lotion.
– Metode elektrolisis (menghancurkan folikel rambut di bawah kulit).
– Teknik Laser (mengekspos akar rambut dengan cahaya atau terapi laser).
Cobalah untuk menghindari mencukur rambut atau menggunakan pengobatan lilin, karena ini mungkin memiliki hasil yang tidak diinginkan.

READ:  8 Tips Memakai Produk Kosmetika Untuk Kulit Sensitif

Jika anda khawatir tentang pertumbuhan rambut yang berlebihan pada dada dan sekitar puting anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kemungkinan penyebab kondisi anda agar anda dapat menerima perawatan yang tepat.