5 Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Vagina Kering

Tidak sedikit wanita yang mengeluhkan masalah kekeringan pada vagina baik setelah melahirkan atau selama masa menopause. Penyebab vagina kering karena tingkat estrogen yang menurun sehingga menyebabkan penipisan dinding vagina dan dapat menyebabkan rasa sakit pada vagina terutama disaat berhubungan badan.

Vagina kering ini mempengaruhi kenyamanan dalam berhubungan badan. Perempuan yang menderita vagina kering ini juga mempengaruhi keelastisan vagina mereka. Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan dokter meresepkan krim topikal dan beberapa obat pelumas yang berbentuk cair untuk membantu melumasi vagina.

Selain dengan obat resep dokter, Vagina kering ini dapat pula diatasi dengan beberapa makanan yang dapat meningkatkan lubrikasi vagina.

5 Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Vagina Kering

1. Asam Lemak Esensial untuk mengatasi kekeringan vagina

Asam lemak esensial seperti omega 3 sangat baik untuk kesehatan vagina.Beberapa sumber utama asam lemak esensial seperti kacang-kacangan, sereal dan biji rami. Kacang-kacangan juga kaya akan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kelenturan dan kesehatan kulit secara umum. Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan pelumasan vagina dan mencegah terjadinya vagina kering.

READ:  Apa Itu Vagina Kering ?

Jadi, pastikan mengkonsumsi sebanyak mungkin makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, wijen dan biji bunga matahari untuk menjaga lubrikasi vagina.

2. Kedelai untuk mengatasi kekeringan vagina

Biji Kedelai memiliki kandungan seperti isoflavon yang meniru cara kerja hormon estrogen. Hal ini sangat baik untuk wanita yang mengalami penurunan level estrogen untuk mengatasi vagina kering. Selain itu isoflavon juga dikenal memiliki sifat estrogenic (mempunyai fungsi seperti estrogen), anti osteoporosis (mencegah pengoroposan tulang) dan anti atherosklerosis yaitu mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan arteri seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

3. Biji rami untuk mengatasi kekeringan vagina

Mengkonsumsi setidaknya satu sendok teh biji rami setiap hari. Biji rami kaya akan senyawa lignan yang memiliki sifat estrogenik untuk mencegah terjadinya kekeringan pada vagina.

READ:  Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan Pencernaan

4. Air untuk mengatasi kekeringan vagina

Semakin banyak air yang anda minum, semakin baik akan kesehatan vagina anda. Air pada dasarnya membantu untuk mempertahankan tingkat pH vagina dan membantu untuk tetap lembab. Hindari minum kopi lebih dari dua gelas setiap harinya.

5. Apel untuk mengatasi kekeringan vagina

Apel merupakan sumber yang kaya fitoestrogen, suatu senyawa yang meniru aksi estrogen sintetik. Makan 1-2 buah apel sehari akan menghambat munculnya menopause lebih awal. Wanita yang makan buah-buahan segar seperti apel akan terhindar dari keluhan masalah ketidaknyamanan dan rasa nyeri pada vagina jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Vagina merupakan komponen alat reproduksi wanita yang rentan terhadap gangguan penyakit, baik karena disebabkan oleh mikroorgamisme maupun karena pengaruh hormon estrogen. Salah satu dampak pengaruh hormon terhadap vagina yaitu terjadinya kekeringan vagina. Untuk mengatasi kekerinagn vagina cobalah meningkatkan konsumsi 5 Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Vagina Kering diatas semoga saja dapat mengurangi penderitaan anda.