5 Makanan Super Untuk Menambah Kecerdasan Anak

Cara Mencerdaskan AnakAsupan nutrisi yang tepat dapat memaksimalkan pertumbuhan anak, termasuk dalam hal ini adalah pertumbuhan otak anak. Asupan nutrisi yang lengkap dapat memberi pengaruh positif pada kecerdasan anak dimasa yang akan datang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang sangat signifikan antara asupan nutrisi dengan kinerja fungsi otak.

Pada individu yang kurang mendapatkan nutrisi dimasa kecilnya rata-rata memiliki kecerdasan pada level rendah jika dibanding pada individu lain yang pada masa kecil mereka mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Oleh karena itu kita sebagai pengasuh atau orang tua anak sudah seharusnya untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap pada anak yang masih dalam pertumbuhan mereka.

Bagi anda yang ingin mendapatkan pertumbuhan anak yang selalu dalam kondisi sehat dan dibekali kecerdasan yang mumpuni mungkin sudah saatnya untuk memilih menu makanan yang dapat mencerdaskan dan menyehatkan anak.

Berikut ini adalah  5 Makanan Super Untuk Menambah Kecerdasan Anak, dan sebahagian besar diantaranya terbilang murah namun mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak kita.

READ:  4 Tips Mencegah Anak Menjadi Korban Pedofilia

1. Telur
Berikan telur pada menu anak minimal 2 butir perharinya karena telur ini mengandung tinggi protein dan sejumlah nutrisi penting untuk meningkatkan IQ anak. Kandungan telur berupa kolin ini juga berperan dalam meningkatkan daya ingat anak serta mencegah penyakit Alzheimer dimasa tua anak.

2. Yogurt
Yogurt adalah minuman bernutrisi tinggi yang diolah melalui fermentasi susu dengan memasukkan bakteri probiotik sehingga menghasilkan minuman yang kaya akan protein, vitamin karbohidrat.

Seperti kita ketahui bahwa protein dan vitamin B yang terdapat dalam yogurt ini berperan penting dalam menciptakan fungsi dan kinerja membran sel otak lebih fleksibel sehingga otak dapat bekerja lebih cepat dalam menerima, mengolah dan mengirim pesan pada saraf lainnya.

3. Bluberi
Bluberi selain rasanya enak juga mengandung sejumlah nutrisi penting untuk perkembangan otak kita. Bluberi juga tergolong makanan yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Manfaat bluberi pada anak yaitu dapat meningkatkan system fungsi otak, menguatkan daya ingat sekaligus mencegah lemahnya daya ingat anak dimasa tua anak.

READ:  5 Cara yang Harus Dilakukan Bagi Balita Hiperaktif

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan jenis makanan makanan yang spesial karena makanan yang satu ini merupakan sumber energy tubuh yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks.

Selain itu, kacang-kacangan kaya serat , vitamin dan mineral . Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya khususnya alpha linolenic acid (ALA) yang berperan penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak pada anak.

5. ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 berupa DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). Kedua jenis asam lemak omega-3 ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak seperti halnya pada kacang-kacangan.

READ:  Perawatan dan Pengobatan untuk Autisme

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mendapatkan hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli , meskipun tuna mengandung omega-3 asam , tetapi ikan ini tidak sekaya ikan salmon.

Dengan melihat beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak diatas, kita sebagai orang tua sangat disarankan untuk selalu memberikan asupan nutrisi yeng tepat demi kesehatan dan kecerdasan anak kita