9 Solusi untuk Mengatasi Rambut Beruban

9 Solusi Mengatasi Rambut BerubanPertumbuhan uban merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap orang yang sudah berusia 45 tahun keatas, hal ini disebabkan karena sel melansolit yang lazimnya memproduksi melanin (pigmen pewarna rambut) sudah mulai mengalami penurunan aktiviatas. Namun jika pertumbuhan uban tersebut dialami oleh orang yang masih berusia muda tentu hal ini perlu dipertanyakan dan tentu ada masalah lain yang mempengaruhi kondisi rambut.

Tumbuhnya uban diusia muda selain karena faktor genetika dan kondisi kesehatan yang terganggu, juga disebabkan karena kesalahan dalam merawat rambut. Penyebab lainnya bisa pula dipicu oleh stres dan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk dalam hal ini mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat.

Untuk mengatasi pertumbuhan uban beberapa saran yang mungkin bisa membantu anda untuk mengembalikan warna rambut anda dengan menggunakan obat resep dokter yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel melanosit.

Selain dengan pengobatan kimia, pertumbuhan uban juga dapat ditekan dengan memperbaiki diet dan beberapa saran lainnya seperti dibawah ini.

9 Solusi Mengatasi Rambut Beruban
1. Makanlah makanan yang bergizi dan diet seimbang. Pilih makanan tinggi protein, memiliki kandungan lemak rendah dan mengkonsumsi banyak buah-buahan.

READ:  Ramuan herbal untuk mengatasi penyakit kurap

2. Olahraga secara teratur

Dengan berolah raga secara dapat menenangkan saraf-saraf yang sangat berpengaruh untuk memperlambat munculnya uban.

3. Berikan vitamin untuk rambut, konsumsi minumum yang diperlukan untuk kesehatan rambut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Terapi akupunktur, fungsinya untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

5.Hindari stres

Nikmati hidup dengan penuh kegembiraan(jauh dari stres) karena stres salah satu penyebab utama rambut beruban.

Pertumbuhan uban ini tentu sangat mengganggu penampilan kita terutama jika umur kita masih terbilang masih muda. Oleh karena itu selain mengikuti beberapa saran diatas, cara lain mengatasi uban dengan menggunakan ramuan alami seperti dibawah ini:

6. Air teh untuk mangatasi uban
Selain sebagai minuman penghangat dan penyegar, air teh sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kita.
Untuk mengatasi masalah rambut beruban, cukup dengan menyeduh teh dengan pekat lalu menambahkan garam kasar 1 sdt lalu aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut sebagai shampo rambut anda. Diamkan sekitar 45 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

READ:  Metode Pengobatan Skoliosis

7. Biji pepaya untuk mengatasi uban
Biji pepaya dapat menghitamkan rambut dan mengatasi uban kita. Untuk membuat ramuan alami dari biji pepaya ini cukup dengan menyangrai biji buah pepaya yang telah masak ( pilih biji yang berwarna hitam ) kemudian menghaluskannya. Setelah halus campur dengan minyak kelapa secukupnya sebelum digunakan sebagai bahan pengecat rambut.

8. Minyak kelapa dan air jeruk nipis untuk mengatasi uban anda
Campran dari minyak kelapa dan perasan air jeruk nipis merupakan ramuan mujarab dalam mengatasi uban. Cukup dengan mencampur kedua bahan tersebut secara homogen kemudian usapkan pada uban secara merata lalu disertai dengan pemijatan lembut pada kulit kepala anda.
Biarkan ramuan ini selama 30 menit untuk bereaksi sebelum di bilas dengan air bersih.

9. Buah kemiri untuk mengatasi uban
Buah kemiri untuk mengatasi uban sudah dikenal sejak dahulu dan hingga saat ini kemiri masih menjadi pilihan terbaik dalam mengembalikan warna rambut kita.

READ:  12 Manfaat Garam Selain Sebagai Bumbu Masak

Dengan menyanggrai beberapa biji buah kemiri hingga gosong kemudian menghaluskannya. Jadikan bahan tersebut sebagai bahan oles pada rambut beruban dan biarkan selama 30 menit sebelum melakukan keramas.

Rambut uban umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia tua namun terkadang juga dialami oleh orang yang lebih muda. Hal ini disebabkan oleh pengaruh gaya hidup modern yang tidak sehat, kondisi medis dan karena kurangnya nutrisi rambut. Untuk mengatasi rambut beruban selain dengan mengguanakan obat berbahan kimia, tak ada salahnya untuk mencoba 9 Solusi Mengatasi Rambut Beruban anda.