4 Gangguan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

4 Gangguan Mental  Anak yang Wajib Diketahui Orang TuaGangguan kesehatan mental dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada anak-anak dan balita. Gangguan kesehatan mental pada anak dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia namun pada beberapa kasus dapat diderita hingga dewasa.

Gejala gangguan mental pada anak sangat bervariasi dan tergantung pada jenis penyakit mental tersebut, tetapi ada beberapa gejala umum yang menyertai gangguan mental tersebut termasuk:
– Perubahan kinerja disekolah, seperti selalu mendapatkann nilai yang buruk meskipun sudah diupayakan yang baik.
– Penyalahgunaan obat dan alkohol seperti ketergantungan narkoba dan alkohol
– Ketidakmampuan dalam mengatasi masalah sehari-hari.
– Kesulitan tidur dan makan
– Berperilaku antagonis
– Marah tanpa alasan yang jelas
– Kehilangan minat bersosialisasi
– Kecemasan yang berlebuhan
– Sering menyendiri
– Hiperaktif
– Sering bermimpi buruk
– Perilaku agresif
– Sering berhalusinasi

READ:  5 Tips Mempererat Ikatan Batin Antara Orang tua dan Anak

Apa Penyebab Penyakit Mental

Penyebab pasti dari penyakit mental ini diketahui, tetapibeberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit mental ini merupakan kombinasi dari beberapa faktor, seperti faktor keturunan, biologi, trauma psikologis dan lingkungan.

1.Keturunan (genetika): Penyakit mental dapat terjadi dalam keluarga yang berarti kemungkinan dapat mengembangkan gangguan mental pada anak-anaknya.

2. Biologi: Beberapa gangguan mental telah dikaitkan dengan bahan kimia khusus yang terdapat di otak yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter yang membantu sel-sel saraf dalam otak untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Jika bahan kimia ini tidak seimbang atau tidak bekerja dengan benar, maka dapat menyebabkan diskomunikasi. Selain itu, cacat atau cedera pada daerah-daerah tertentu dari otak juga telah dikaitkan dengan penyebab penyakit mental.

READ:  Cara Menyapih Anak dengan Baik

3. Trauma psikologis: Beberapa penyakit mental dapat dipicu oleh trauma psikologis, seperti
Emosional yang tinggi, pelecehan, kekerasan fisik ataupun kekerasan seksual. Selain itu gangguan memntal karena trauma psikologis ini seperti mengalami kegagalan ataupun karena kehilangan yang sangat berarti dalam hidupnya.

4.Lingkungan: Lingkungan yang stres atau trauma bisa memicu penyakit mental pada orang rentan terhadap gangguan mental.

Gejala dan penyebab gangguan mental pada anak sangat perlu untuk kita ketahui sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak. Mendidik anak yang diladasi dengan kasih sayang akan menjauhkan anak dari perilaku yang menyimpang.