Perkembangan Janin pada Usia 14 Hingga 17 Minggu Kehamilan

Tahapan Pertumbuhan Bayi dari Minggu KemingguTahapan perkembangan bayi pada trisemester kedua atau usia kehamilan antara minggu 14 hingga minggu ke 17 merupakan tahapan perkembangan janin dan perubahan rahim yang sangat pesat.

Dan untuk mengetahui lebih jelas dari perkembangan janin yang mulai memasuki minggu ke 14 hingga minggu ke 17, berikut ini pembahasan singkatnya.

Perkembangan Janin pada Usia 14 Hingga 17 Minggu Kehamilan

Perkembangan janin pada minggu ke empat belas

Berat janin pada minggu ke 14 ini rata-rata sekitar 1 ½ ons (45 gram) dan panjangnya sekitar tiga inci ( 9 cm). Dan beberapa perkembangan lainnya seperti mata secara perlahan bergerak menuju pusat wajah, tonjolan hidung semakin nampak, telinga sepenuhnya terbentuk, tulang pipi mulai terlihat dan Lanugo (rambut sangat halus) mulai muncul baik pada kepala maupun pada alis janin.

Beberapa perkembangan organ tubuh janin lainnya di minggu ke 14 ini seperti ginjal mulai memproduksi urine, pada anak perempuan ovarium bergerak ke bawah menuju panggul dan pada anak laki-laki, kelenjar prostat mulai berkembang.

READ:  Cara Menghadapi Anak yang Sering Memukul

Perkembangan janin pada minggu ke lima belas

Memasuki minggu ke 15, rambut halus (Lanugo) juga muncul pada bagian lain dari tubuh bayi baik pada bagian kaki, punggung dan perut yang sebagian besarnya akan hilang sebelum kelahiran.

• Panjang janin pada minggu ke15 ini sekarang lebih dari 4 inci (10cm)
• Berat sekitar 2,5 ons (75 gram).
• Janin dapat menggerakkan lengan dan kepalkan telapak tangannya.
• Kuku-kukunya janin mulai hadir.
• Kulit bayi masih sangat tipis.

Perkembangan janin pada minggu ke enam belas

Pada minggu 16 ini, janin anda akan membentur dinding kantung ketuban, sehingga ibu merasakan gerakan Sijanin. Pada minggu ini pula, hati janin sekarang telah memompa 25 liter darah per hari ke setiap sudut tubuhnya tumbuh.
Kepala dan leher mulai nampak tegak dengan ukuran yang proporsional. Posisi mata janin sekarang telah pindah dari sisi ke pusat wajah.

  • Kelopak mata tertutup rapat sampai bulan ketujuh kehamilan.
  •  Ukuran janin sekitar 5 inci (12cm) dari kepala sampai bokong.
  •   Beratnya janin sekitar 3,5 ons (100 gram).
  • Bayi mulai mampu mendengar suara-suara eksternal.

Perkembangan janin pada minggu ke tujuh belas

Pada minggu ke 17 ini, Mekonium sebagai produk dari hilangnya sel, sekresi pencernaan dan cairan ketuban yang tertelan nampak seperti feses.
Saat kehamilan berlanjut, mekonium mulai menumpuk di perut yang akan muncul biasanya setelah lahir, meskipun kadang-kadang di dalam rahim.
Bayi yang melekat erat pada plasenta melalui tali pusar akan tumbuh lebih tebal dan lebih kuat. Kerangka janin mulai membentuk tulang rawan lembut dan tetap fleksibel.
Secara keseluruhan, perkembangan janin anda diminggu ke 17 ini meliputi:
Tali pusar tumbuh lebih tebal dan lebih kuat
• Berat badan janin lebih dari 5 ons (150g),
• Panjang bayi sekitar 9 inci (23cm) dari kepala hingga kaki
• Retina telah menjadi sensitif terhadap cahaya.
• Tinja pertama (meconium) kini mulai menumpuk.

Tahapan perkembangan bayi pada trisemester kedua atau usia kehamilan antara minggu 14 hingga minggu ke 17 merupakan tahapan perkembangan janin dan perubahan rahim yang sangat pesat. Pelajari perkembangan bayi anda dari setiap tahapan untuk mengetahui kondisi janin anda.