7 Pengobatan Alami Pigmentasi Kulit

7 Pengobatan Alami Pigmentasi KulitSalah satu masalah yang merusak penampilan kulit yaitu masalah pigmentasi kulit. Pigemntasi ini dapat membuat bercak gelap pada kulit dan dapat menghilangkan cahaya kulit kita. Meskipun pigmentasi kulit ini tidak membahayakan namun dapat menghilangkan kecantikan kulit sekaligus dapat mempengaruhi kepercayaan diri kita.

Penyebab pigmentasi ini umumnya karena paparan sinar matahari, alergi ataupun faktor keturunan. Untungnya kondisi kulit yang mengalami pigmentasi ini dapat dengan mudah diobati dengan beberapa pengobatan alami.

7 Pengobatan alami pigmentasi kulit

1. Kentang (Solanum tuberosum)
Kentang dengan nama ilmiah solanum tuberosum ini sangat kaya akan karbihidrat, protein, lemak, serat dan mineral. Selai itu dalam buah kentang juga ditemukan kalsium, fosfor dan niasin (Vitamin B2) yang sangat dibutuhkan untuk menutrisi tubuh.
Untuk masalah pigmentasi seperti hipopigmentasi ataupun hiperpigmentasi, malesma dan beberapa masalah perubahan warna kulit lainnya dapat diatasi dengan membuat ramuan alami dari kentang.
Gunakan potongan kentang lalu ditetesi air pada permukaannya lalu menggosoknya pada kulit yang mengalami pigmentasi. Selain dengan menggosokkan langsung, kita dapat memanfaatkan air hasil perasan parutan kentang lalu mengoleskannya pada kulit yang berbintik hitam kecoklatan tersebut dan membiarkannya selama 30 menit sebelum kulit dibilas dengan air hangat.
2. Lemon dan Ketimun
Lemon dan ketimun merupakan buah yang sering untuk perawatan kecantikan kulit. Untuk masalah pigmentasi cukup dengan memblender 3 buah lemon dan ketimun secukupnya untuk dijadikan bahan oles pada permukaan kulit.

READ:  5 Cara Mencegah Pigmentasi Kulit

3. Cara mengatasi pigmentasi dengan pepaya
Buah pepaya (Carica papaya) sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama pada kesehatan kulit kita. Kandungan buah pepaya seperti Vitamin A atau retinol, Betakaroten, ensim papain dan beberapa kandungan gizi lainnya sehingga buah pepaya ini merupakan buah istimewa untuk kecantikan kulit.

Untuk menghilangkan pigmentasi kulit, cukup dengan membuat jus pepaya lalu dioleskan pada kulit anda. Biarkan beberapa saat lamanya sebelum anda membilasnya. Menggunakan jus pepaya ini terbilang efektif untuk mencerahkan kulit kita namun dibutuhkan kesabaran karena pengobatan dengan menggunakan jus pepaya ini membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk melihat khasiatnya.

4. Mengatasi pigmentasi dengan almond dan susu
Cara mengatasi pigmentasi dengan almond dan susu merupakan bahan yang paling populer digunakan.
Pigmentasi juga disebabkan karena kondisi kulit yang kekeringan kulit sehingga untuk mengatasi kekeringan kulit dapat menghilangkan pigmentasi.

Almond memiliki asam lemak alami dan nutrisi yang sangat baik bisa melembabkan kulit kita sekaligus menghapus bintik pigmentasi kulit. Minyak pelembab alami dalam susu juga sangat efektif untuk memerangi kekeringan kulit sekaligus mencerahkan kulit kita.

READ:  Cara Membuat Masker Wajah untuk Kulit Berminyak

Untukmembuat ramuan ini cukup dengan merendam almond semalaman kemudian membuat pasta dengan cara mencampurnya dengan susu cream. Oleskan pada daerah berpigmen.

5. Pisang dan jambu bji

Jambu biji dengan nama ilmiah Psidium guajava mengandung likopen yang dapat menghilangkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari, sementara pisang (Musa paradisiaca) dapat dijadikan bahan eksfoliasi kulit untuk mengelupas pigmentasi kulit dan sekaligus mencerahkan daerah berpigmen.

Campur kedua buah tersebut untuk dijadikan pasta lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum anda membilasnya. Lakukan cara ini setiap hari untuk mempercepat proses penyebuhannya.

6. Pengobatan pigmentasi dengan cuka
Cuka memiliki sifat astringent yang baik sehingga untuk masalah pigmentasi kulit dapat diatasi dengan menggunakan cuka. Dengan menerapkan cuka pada permukaan kulit yang mengalami pigmentasi akan mengurangi tingkat keparahannya.

Namun dalam menggunakan cuka, anda harus mengencerkannya dengan air karena kandungan asam dalam cuka dapat merusak kulit anda. Cuka memiliki sifat astringent yang baik. Keasaman yang membuat exfoliator yang baik, menghilangkan sel-sel mati dari permukaan dan mengungkapkan kulit jelas dan indah dalam.

READ:  Miliki Bibir Indah Dengan Cara Alami

7. Alpukat untuk penghilang pigmentasi kulit

Alpukat dengan nama ilmiah Persea americana kaya akan asam lemak, vitamin C dan asam oleat. Semua bahan-bahan alami ini memiliki manfaat besar untuk peremajaan kulit dan menyembuhkan beberapa gangguan pada kulit. Alpukat yang sangat baik untuk mengobati hiperpigmentasi.

Dengan mengoleskan pasta yang berbahan alpukat pada daerah kulit yang berpigmen akan mengembalikan warna alami kulit anda.

Pigmentasi kulit dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari dan beberpa pemicu lainnya sehingga dapat menghilangkan kecerahan dan kecantikan kulit anda. Pigmentasi dapat menimbulkan bercak hitam pada permukaan kulit dan terkadang berwarna kecoklatan. Untuk mengatasinya cobalah dengan menggunakan ramuan alami seperti 7 cara alami menghilangkan pigmentasi kulit diatas dan kami berharap ramuan tersebut akan mengembalikan kecantikan kulit anda.