5 Cara Merawat Rambut Keriting Yang Benar

Gaya rambut sangat mempengaruhi penampilan kita. Dengan gaya rambut yang pas dengan bentuk wajah dan ukuran badan akan memberi nilai tambah pada penampilan anda. Ada beberapa jenis rambut yang sering kita jumpai namun jenis rambut ikal atau keriting merupakan jenis rambut yang sedikit menjengkelkan. Jenis rambut keriting ini sangat sulit untuk ditata dan terkadang sangat mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan tepat sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan pemilik rambut keriting ini berusaha untuk meluruskan rambut keriting mereka.

Penyebab rambut keriting masih dalam tahap menyelidikan namun dugaan sementara penyebab rambut keriting karena faktor gen utamanya. Didalam lapisan kulit terdapat yang namanya kelenjar rambut dan kelenjar rambut inilah yang menentukan tekstur pertumbuhan rambut. Jika kelenjar rambut tersebut berbentuk bulat maka akan menghasilkan rambut lurus lain halnya dengan rambut keriting. Rambut keriting dibentuk oleh kelenjar yang berbentuk oval.

READ:  7 Cara Tetap Cantik Walau Kurang Tidur

Cara merawat rambut keriting sebenarnya tidak sulit tergantung dari cara kita dalam menanganinya. Jika sedang berurusan dengan rambut yang bertekstur keriting ini tak ada salahnya untuk mencoba beberapa saran tentang cara mengatasi rambut keriting yang baik dibawah ini.

5. Cara Merawat Rambut Keriting Yang Benar

1. Menyisir rambut

Cara menyisir rambut keriting sebaiknya dengan menggunakan sisir khusus atau sisir yang dibuat sendiri dengan jarak gigi sisir yang lebih lebar. Hal ini dimaksudkan agar dapat menguraikan rambut secara sempurna.

2. Mencuci rambut

Pada umumnya rambut keriting bertekstur kasar, kaku dan berantakan. Mencuci rambut dengan sampo yang tepat akan memberi kelembaban rambut senghingga dapat mengurangi kekakuan rambut anda. Gunakan sampo yang berbahan dasar minyak secara teratur dan jangan sesering mungkin mencuci rambut anda karena hanya akan menghilangkan kelembaban alami rambut.

READ:  9 Cara Mencegah Kerusakan Rambut saat Berjilbab

3. Penerapan kondisioner

Untuk melembutkan rambut keriting anda cobalah apilkasikan kondisioner rambut. Dengan menerapkan kondisioner, rambut dengan mudah diuraikan dengan sisir rambut. Perawatan dengan kondisioner diperlukan seminggu sekali untuk melembabkan rambut secara menyeluruh.

4. Gel anti keriting
Gel anti keriting adalah jenis produk penataan rambut yang dirancang untuk digunakan pada rambut keriting. Menggunakan gel anti keriting ini dapat meminimalkan keriting dan kekeringan pada rambut anda.

5. Mengeringkan rambut

Jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok atau menggunakan handuk terry karena hanya akan menyerap kelembaban alami rambut. Jangan membungkus rambut dengan handuk sorban yang kering. Sorban rambut dapat menyerap kelembaban terlalu banyak. Gunakan pengering udara untuk mengeringkan rambut keriting meskipun hal ini dapat memakan waktu cukup lama. Perawatan untuk rambut keriting dengan menggunakan pelembab dengan minyak hangat setiap dua minggu.

READ:  Cara Mengatasi Bau Badan dengan Mudah

Rambut keriting merupakan jenis rambut yang memerlukan perawatan lebih serius lagi. Semoga cara merawat rambut keriting diatas dapat membantu anda dalam mengatasi rambut keriting anda.