Perawatan Kulit Kering pada Wajah

Mengatasi Masalah Kulit KeringPerawatan kulit kering yang tepat tentunya sangat berperan dalam mempertahankan keindahan dan kecantikan kulit kita.

Dalam melakukan perawatan kulit kering, fokus perhatian kita adalah bagaimana menjaga keseimbangan produksi minyak alami kulit dalam mempertahankan kelembaban kulit kita.

Faktor penyebab kulit kering sendiri dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti sering terpapar oleh UV matahari, berada pada ruangan yang dilengkapi fasilitas AC, kurangnya produksi minyak kulit dan karena kulit kekurangan nutrisi.

Kulit kering sendiri dapat terjadi pada bagian manapun dari kulit kita termasuk pada bagian wajah kita, hal ini disebabkan karena kulit wajah memang kurang terlindungi oleh pakaian yang kita gunakan. Selain itu, struktur kulit pada bagian wajah memang sangat tipis dibanding dengan kulit bagian lainnya.

Dan bagi anda yang mengalami masalah kulit kering dan ingin mencari cara mengatasi kulit kering yang tepat, berikut ini adalah cara perawatan kulit kering yang mungkin bisa membantu anda.

READ:  6 Rahasia Perawatan Kulit Wanita Jepang

Perawatan Kulit Kering pada Wajah

1. Menjaga kebersihan kulit

Kebanyakan orang yang berjenis kulit kering enggan mencuci wajah mereka dengan alasan bahwa minyak kulit mereka akan terkikis yang akan menambah kulit mereka semakin kering. Anggapan ini ada benarnya juga tapi kurang menjaga kebersihan kulit akan memicu pertumbuhan jerawat dan bisa menyebabkan kulit terlihat kusam.

Membersihkan wajah minimal dua kali sehari justru lebih menyehatkan kulit kita, hanya saja dalam membersihkan kulit wajah yang kering sebaiknya dengan menggunakan sabun khusus untuk kulit kering. Pilih sabun pembersih wajah yang sifatnya ringan, mengandung pelembab kulit dan berbahan alami.

2. Gunakan Pelembab Kulit

Menggunakan kosmetika pelembab kulit pada kulit kering biasanya sangat membantu dalam meningkatkan kelembaban kulit. Gunakan pelembab kulit sehabis membersihkan wajah kita atau disaat hendak keluar rumah atau berada pada ruang yang berAC untuk mengurangi penguapan kulit.

READ:  6 Bentuk Perawatan Kulit Untuk Pria

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak esensial yang kaya akan berbagai nutrisi penting untuk kulit utamnaya vitamin A dan vitamin E yang berperan penting dalam merangsang produksi minyak alami kulit. Selain itu minyak zaitun ini juga berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah hadirnya penuaan kulit yang lebih cepat serta beberapa manfaat lainnya untuk kulit kita.

4. Pilihan Makanan
Makanan sangat menentukan kesehatan tubuh secara umum. Dalam kaitannya dengan kulit kering beberapa makanan yang bisa menambah kelembaban kulit secara alami dan bisa mengatasi masalah kulit kering yaitu makanan yang kaya antioksidan dan mengandung banyak mengandung lemak yang sehat, vitamin E, Vitamin A dan vitamin C serta beberapa senyawa penting lainnya untuk kulit kita.

5. Menjaga Hidrasi Kulit

Salah satu penyebab kulit kering dan kerutan pada kulit adalah kurangnya cairan tubuh untuk menghidrasi kulit. Oleh karena itu minum cukup air minimal 2 liter perhari akan membantu dalam mengatasi masalah kulit kering.

READ:  Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat dan Alami

Perawatan kulit kering sebenarnya sangat mudah dan murah, hanya saja kita terkadang menganggap hal-hal diatas sangat sepele namun berdampak besar pada kesehatan dan kecantikan kulit kita. Jadi, untuk mengatasi kulit kuring anda, mungkin tak ada salahnya untuk memperhatikan cara merawat kulit kering diatas dan INsya Allah masalah kulit kering anda akan segera teratasi.