Mengenal 7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan KecantikanKunyit dengan nama Ilmiah Curcuma longa merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan, baik sebagai bumbu masakan, herbal kecantikan maupun sebagai ramuan pengobatan.

Tanaman kunyit sebagai ramuan obat sudah digunakan sejak berabad-abad silam hingga sekarang ini, baik dalam menyembuhkan penyakit batuk, demam maupun penyakit Alzheimer.

Kurkumin dalam tanaman kunyit merupakan kandungan yang memiliki sifat penyembuh yang baik. Kunyit ini dikenal pula karena sifatnya yang antimikroba, antiseptik, antibakteri dan anti-inflamasi.

Untuk masalah luka gores dan luka bakar yang ringan, kunyit ini dipercaya mampu mengurangi dampak kerusakan kulit sekaligus mempercepat penyembuhannya.

Tanaman kunyit ini juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat anti-kanker karena dapat membantu dalam mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya dan racun dari dalam tubuh.

Jika disertakan dalam diet sehari-hari, kunyit dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah leukemia dan membuat tubuh bebas dari beberapa jenis gangguan penyakit.

Manfaat kunyit lainnya adalah dapat menghambat atau menunda proses penuaan kulit dengan membantu percepatan pertumbuhan sel baru pada sel kulit yang tua atau mati, sehingga kulit senantiasa terlihat lebih awet.

READ:  Lulur Bengkoang untuk Memutihkan Kulit

Zat yang terkandung dalam kunyit juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu kita dalam memanajemen berat badan.

Selain sebagai obat, kunyit ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan ramuan kosmetika untuk mengatasi masalah yang bisa merusak kecantikan kulit kita.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini adalah 7 manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda, antara lain:

Kunyit untuk mengatasi bintik hitam pada kulit

Stres, polusi, dan kebiasaan mengkonsumsi makan yang buruk dapat mempengaruhi kecantikan kulit kita.

Jerawat, bintik-bintik hitam karena faktor usia merupan gangguan umum pada kulit, dan untuk mengatasinya, mungkin anda lebih percaya pada produk komersial, prosedur kosmetik dan atau dengan menggunakan make-up tebal.

Tapi tahukah anda bahwa produk-produk tersebut hanya mampu mengatasi masalah luar kulit saja dan sifatnya hanya sementara saja.

READ:  7 Tips Bermake Up Untuk Pemakai Kacamata

Dan untuk membuat kulit terlihat cantik alami, mungkin sebaiknya anda mencoba ramuan alami baik yang terbuat dari kunyit ataupun ramuan yang berbahan alami lainnya.

Manfaat Kunyit untuk Masalah Jerawat

Jerawat: Jerawat adalah masalah orang wajah yang dapat dialami oleh setiap orang. Penyebabnya bisa karena bakteri, debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit atau karena faktor penyebab lainnya.

Kunyit dapat membantu menyembuhkan jerawat dan membantu menjaga kulit agar tetap cerah.

Manfaat Kunyit untuk Masalah Pigmentasi

Pigmentasi bisa terjadi karena faktor perubahan hormon, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan produksi melanin yang berlebihan. Konsistensi penggunaan kunyit dapat membantu mengurangi pigmentasi.

Kunyit untuk mengatasi memar dan luka ringan

Untuk luka ringan, luka bakar dan kulit memar dapat disembuhkan lebih cepat dengan hanya menerapkan bubuk kunyit pada area luka.

Kunyit untuk mencerahkan wajah

Banyak wanita memanfaatkan parutan kunyit sebagai bahan campur bedak beras untuk mecerahkan kulit yang kusam.

READ:  5 Tips Agar Terlihat Awet Muda

Kunyit untuk meringankan Strecth Marks

Stretch mark atau garis gelap pada area perut yang sering mengganggu kecantikan kulit pada ibu hamil. Penerapan kunyit segar pada stretch mark akan membantu meringankannya hingga batas tertentu.

Kunyit untuk melembabkan dan menjaga penuaan dini

Kunyit merupakan bahan yang sangat baik untuk membantu melembabkan kulit kering maupun membuat kulit tetap awet muda.

Untuk melembabkan kulit kering, cukup menambahkan susu pada bubuk kunyit lalu menambahkan sedikit air untuk digunakan sebagai masker pelembab.