Cara Menyembuhkan Jerawat Batu

Cara Menyembuhkan Jerawat BatuJerawat batu atau yang biasa disebut jerawat nodulocystic. Pengertian nodul sendiri yaitu munculnya benjolan keras yang berada dibawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan. Jerawat batu atau jerawat nodulocystic merupakan jerawat yang paling merusak kulit dibanding dengan jenis jerawat lainnnya. Jerawat ini bisa menyerang kulit bagian wajah, leher maupun pada punggung dan dada kita dan dapat diderita pada semua usia terutama pada kalangan remaja .

Jerawat batu selain dapat mengembangkan nodul juga dapat mengembangkan kista yaitu benjolan yang mengandung cairan dibawah permukaan kulit dan menyebabkan peradangan. Oleh karena itu jerawat batu juga dikenal sebagai jerawat kista.

Meskipun penderita jerawat batu atau jerawat kistik ini sangat sedikit dibanding dengan penderita jenis jerawat lainnya namun menjadi momok yang paling mengerikan dikalangan remaja karena jerawat batu ini sangat sulit untuk disembuhkan secara total dan membutuhkan waktu lama.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan para ahli menyimpulkan bahwa penyebab jerawat batu atau jerawat kista pada remaja disebabkan oleh reaksi alergi dari pemakaian kosmetik yang berbahan dasar minyak dan produk pomade (minyak rambut), serta reaksi alergi karena pemakaian obat-obatan tertentu (steroid, testosteron, estrogen, dan fenitoin) dan vitamin B2.

READ:  4 Makanan Super Untuk Meningkatkan Massa Otot

Untuk menyembuhkan jerawat cystic atau kista biasanya dokter kulit akan meresepkan obat oral yang dikombinasikan dengan pengobatan topikal namun hal ini terkadang hanya dapat meringankan gejalanya saja.

Salah satu obat penyembuh jerawat kista adalah Accutane. Accutane adalah obat yang sangat ampuh digunakan untuk mengobati jerawat dalam kondisi parah. Ketika digunakan, Accutane ini memaksa kulit untuk menghentikan produksi minyak dalam kelenjar sebaceous. Accutane ini sebagai hormon untuk menghasilkan minyak kulit yang tidak akan menutup pori-pori atau menyebabkan wabah jerawat batu lebih lanjut.

Walaupun pemakaian Accutane sangat manjur untuk menyembuhkan jerawat batu atau jerawat kista, pemakaian accutane ini memiliki efek negatif terhadap kesehatan seperti dapat menyebabkan cacat lahir parah pada ibu hamil, depresi, penipisan rambut, dan kulit kering. Selain itu efek negatif lainnya dapat mengeringkan bibir dan mata. Karena itu, Accutane tidak dianjurkan bagi mereka dengan jerawat ringan sampai sedang.

READ:  Gejala Infeksi Virus Hepatitis

Cara menyembuhkan jerawat batu yang memiliki tingkat keparahan yang tinggi sebaiknya ditangani oleh dokter kulit yang telah berpengalaman.

Untuk mempercepat kesembuhan jerawat batu selama proses penyembuhan perlu melakukan tindakan pencegahan penyebaran jerawat batu lebih lanjut seperti:

-Membersihkan dengan lembut dengan sabun anti septik , menggunakan sabun Dove, Neutrogena, Cetaphil, CeraVe untuk sedikit mengeringkan kulit berminyak.

– Membersihkan semua kotoran atau make-up yang menempel pada kulit terutama disaat hendak tidur malam. Membersihkan wajah sekali atau dua kali sehari, termasuk setelah berolahraga, hindari menggosok atau mencuci muka sesering mungkin.

– Usahakan bersihkan rambut anda dengan menggunakan shampo dan jangan biarkan rambut anda menutupi wajah apalagi jika rambut anda sangat berminyak.

– Jangan menggaruk atau memecahkan jerawat batu anda untuk mencegah terjadinya infeksi kulit dan jaringan parut pada kulit.

– Hindari menyentuh wajah dengan tangan atau jari jika tangan anda dalam keadaan kurang bersih.

– Hindari kosmetik berminyak atau dalam bentuk krim untuk sementara waktu. Pilih make-up yang berbahan dasar air atau noncomedogenic karena produk noncomedogenic telah diuji dan terbukti tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

READ:  Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan Pencernaan

– Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu lama karena dapat memicu munculnya kanker kulit. Selain itu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kemerahan atau pengelupasan pada kulit.

– Cobalah mengkonsumsi obat Antibiotik oral (diminum), seperti tetrasiklin, doxycycline, minocycline, erythromycin, trimethoprim, dan amoksisilin.

– Topikal antibiotik (dioleskan pada kulit) seperti klindamisin, eritromisin, atau dapson

– Jika jerawat disebabkan atau diperparah oleh hormon maka cobalah mengkonsumsi spironolactone.

– Semua tindakan yang anda lakukan sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter kulit anda dan jangan melakukan tindakan pengobatan jerawat jika tanpa rekomendasi dokter kulit anda.

Jerawat batu dapat meninggalkan noda hitam maupun jaringan parut oleh karena itu jika jerawat batu muncul pada permuakaan kulit anda segeralah lakukan tindakan pencegahan sekaligus pengobatan jerawat batu ini sebelum jerawat batu anda berada pada kondisi parah.