Loading...

Cara Mengatasi Komedo yang Membandel

Cara Mengatasi KomedoKomedo merupakan jenis jerawat yang seringkali merusak keindahan kulit sehingga wajar saja jika banyak orang yang merasa terganggu karenanya.

Dan meskipun komedo tidak menyakitkan namun kehadiran komedo pada kulit dapat mempengaruhi kepercayaan dari seseorang, jadi suatu keharusan bahwa gangguan kulit ini harus dikelola dengan baik dan harus dicegah kehadirannya.

Komedo sendiri terdiri dari dua jenis, yakni blackhead dan whitehead yang memiliki sedikit perbedaan.
Penyebab komedo sendiri umumnya dipengaruhi oleh kelebihan minyak yang menumpuk di kelenjar sebaceous saluran kulit.

Loading...

Pengobatan paling ampuh untuk komedo yaitu melakukan perawatan yang tepat pada kulit seperti mencuci wajah setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun ringan atau pelembab alami.

Selain itu saat menggunakan make up sebaiknya hindari dulu menggunakan make up yang berbasis minyak karena hal ini juga dapat membuat penumpukan minyak di folikel kulit. Dan lebih bai memilih make up yang berbasis air.

Ketika komedo sudah tidak mempan lagi dengan cara mencuci wajah pada maka perawatan dengan menggunakan obat-obatan ataupun cream mutlak diperlukan.

Salah satu obat yang biasa digunakan adalah benzoil peroksida. Obat ini memiliki efek anti-bakteri, dan dapat membantu mengurangi penyumbatan yang pada gilirannya akan mengurangi pembentukan komedo.

Tapi perlu diketahui bahwa penggunaan bahan aktif seperti benzoil peroksida hanya dianjurkan untuk mengatasi komedo ataupun jerawat pada kasus-kasus ringan.

Tretinoin atau Retin-A adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam mengatasi komedo. Perawatan dengan Retin – A ini merupakan turunan dari vitamin A dan membantu meningkatkan pergantian sel dan memudahkan proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

Jika komedo mengalami infeksi maka penggunaan obat Antibiotik dapat membantu dalam meringankan infeksi. Namun, sebelum mengkonsumsi obat antibiotik tersebut sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan para ahli kecantikan anda.

Untuk mengobati komedo dalam kasus yang berat, anda bisa memanfaatkan 2-3 siung bawang putih dan melumatkannya, tambahkan 1 sdm oatmeal, 1-2 tetes minyak pohon teh dan setengah sendok teh jus lemon. Campur bahan-bahan tersebut dengan madu untuk membentuk pasta kental, lalu gunakan sebagai obat penembuhan komedo.

Nah, demikianlah cara mengatasi komedo diatas semoga dapat memberikan manfaat yang berarti dalam mengatasi komedo anda.

Cara Mengatasi Komedo yang Membandel | Tim Redaksi | 4.5