Loading...

Cara Menghindari Gigi Berlubang

Cara Menghindari Gigi BerlubangDalam kehidupan sehari-hari,tak sedikit orang yang tak mengeluhkan mengenai masalah pada gigi, salah satunya adalah mereka biasanya merasa terganggu sebab mereka merasakan sakit pada gigi berlubannya.

Penyebab dari hal tersebut karena biasanya Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis adan melekat pada gigi.

Bukan hanya orang dewasa yang sering mengalami masalah gigi berlubang, tapi kebanyakan juga ditemukan pada anak yang di bawah 12 tahun.

Loading...

Selain itu, sebagian dari mereka juga telah membiarkan giginya berlubang sampai membusuk. Jadi sudah terlambat bagi mereka saat ke dokter gigi sebab infeksi yang dialaminya sudah dalam dan harus dicabut. Nah, jika saja gigi Anda sudah membusuk bisa sangat berdampak pada kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Salah dari bagian sistem pencernaan dalam tubuh adalah gigi. Jika saja terjadi gangguan, maka untuk mengkonsumsi makanan tidak bisa dikunyah secara baik sehingga lambung dan usus bekerja lebih keras.

Nah oleh karena itu, sebelum Anda mendapatkan masalah gigi yang berlubang, ada baiknya Anda melakukan hal-hal pencegahan sebagai berikut:

1. Dengan menyikat gigi. Sebagian orang nahkan anak anak kecil malas menyikat gigi. Padahal menyikat gigi secara teratur teratur minimal 2 kali dalam sehari yaitu setiap pagi dan malam hari disaat menjelang tidur adalah salah satu cara sederhana untuk melindungi gigi Anda adri bakteri. Sebab jika kita tidak menyikat gigi, sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi selama 24 jam akan berubah menjadi asam dan asam tersebut akan menjadi tempat kuman untuk berkembang.

2. Sebelum menyikat gigi, dahulukan berkumur dengan air untuk melembabkan gusi Anda.

3. Pakaialah sikat gigi yang lurus dan mempunyai bulu yang lembut, serta sikat gigi dengan pasta gigi.

4. Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman-makanan yang manis dan lengket, seperti dodol, cokelat, permen dll.

5. Cara menyikat gigi mulai dari gigi belakang bawah dengan gerakan dari arah leher gigi kearah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Setelah itu, melanjutkan di bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi, diteruskan pada bagian depan gigi bawah dengan gerakan naik turun juga dari leher gigi menuju bagian atas gigi. Teruskan bagian dalam dan luar gigi menuju bagian oclusol (bagian mengunyah) dengan gerakan maju mundur. Lakukan sama pada rahang atas dan bawah.

6. Baiknya lakukan secara rutin dalam membersihkan karang gigi dan lakukan pemeriksaan gigi rutin tiap 6 bulan.

***
Semoga bermanfaat.

Cara Menghindari Gigi Berlubang | Arwis Sudding | 4.5