Loading...

5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2

5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2Diabetes merupakan penyakit yang timbul karena kurang memadainya produksi insulin untuk mengelola tingkat glukosa dalam darah.

Dengan mengontrol kadar gula darah dalam level yang normal maka secara tidak langsung dapat mengatasi penyakit diabetes yang sedang diderita.

Dan berikut adalah 5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2 yang akan membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula darah seperti:

Loading...

1. Labu Pahit (Peria)
Labu pahit yang juga dikenal sebagai pare atau periamerupakan buah yang biasa dibuat sayuran. Selain sebagai bahan sayuran, buah pare atau peria ini juga sangat bermanfaat dalam mengendalikan diabetes karena memiliki efek sebagai penurun kadar gula darah.

Dengan meningkatkan konsumsi buah pare juga membantu meningkatkan sekresi insulin pada pankreas dan mencegah resistensi insulin.

Caranya, pisahkan daging pare ini dari bijinya kemudian ekstrak menjadi jus lalu tambahkan air secukupnya lalu meminumnya setiap pagi hari saat perut masih kosong selama dua bulan.

Meski buah pare ini sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, namun buah pare tidak dapat digunakan sepenuhnya untuk menggantikan pengobatan insulin.

2. Bubuk kayu manis
Bubuk kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dengan merangsang aktivitas insulin .
Bubuk kayu manis mengandung komponen bioaktif yang dapat membantu mencegah dan melawan diabetes.

Percobaan dan penelitian selama bertahun-tahun mengenai manfaat kayu manis ini pada penderita diabetes telah menunjukkan bahwa bubuk kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah pada kasus diabetes tipe 2.

Caranya memanfaatkan bubuk kayu manis ini yaitu terlebih dahulu mengaduk 1 sdt bubuk kayu manis 1sdt dalam secangkir air hangat untuk diminum setiap harinya.

3. Daun mangga untuk obati diabetes
Anda hanya perlu merebus tiga atau empat helai daun mangga dan minum airnya. Dan untuk hasil yang lebih baik , merendam daun mangga ini semalaman dalam air dan mengkonsumsi larutan dipagi harinya. Pastikan anda mengkonsumsinya saat perut masih dalam keadaan kosong.

4. Aloe Vera
Kombinasi gel lidah buaya, daun salam dan kunyit sangat membantu untuk mengendalikan gula darah. Untuk membuat obat herbal ini, campurkan 1-2 sendok teh daun salam, satu sendok teh kunyit dan satu sendok teh gel lidah buaya. Minum ramuan ini sebelum makan siang dan makan malam.

5. Jambu biji
Jambu biji sangat kaya akan vitamin C dan kandungan serat yang tinggi. Beberapa penelitian lainnya menemukan bahwa makan jambu biji dapat membantu menjaga tingkat gula darah secara signifikan.

Cara terbaik dalam memanfaatkan jambu biji ini adalah dengan mengupas terlebih dahulu kulit jambu biji ini. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi jambu biji ini dalam seharinya.

6. Air
Mengkonsumsi sejumlah air setiap harinya sangat penting dalam mengontrol tingkat gula darah yang tinggi. Minum setidaknya 2,5 liter air setiap harinya apalagi jika anda sedang mengkonsumsi obat. Hal ini sangat penting artinya untuk menjaga kesehatan ginjal anda dalam memproses limbah obat yang anda konsumsi.

Meskipun ramuan diatas dapat dijadikan solusi dalam mengontrol kadar gula darah anda, tetapi anda juga harus makan makanan sehat dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anda secara teratur.

5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2 | Tim Redaksi | 4.5