8 Cara Merawat Rambut Yang Benar

Rambut merupakan mahkota wanita yang memerlukan perawatan khusus agar terlihat sehat dan bercaya. Memiliki rambut sehat dan bercahaya akan menambah rasa kepercayaan dalam diri sekaligus memberikan nilai plus dalam berpenampilan. Wanita yang selalu memperhatikan dan melakukan perawatan rambut secara teratur akan membuat rambut mereka nampak mengkilap, tebal dan terurai dengan baik.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, dibutuhkan cara perawatan yang benar dan teratur karena hal ini akan memberikan hasil yang lebih sempurna. Tidak sedikit orang kecewa setelah melihat rambut semakin mengecewakan karena kesalahan dalam melakukan perawatan rambut.

8 Cara Merawat Rambut Yang Benar

Loading...

1. Diet Sehat dan  Seimbang
Memasukan vitamin B dan vitamin C dalam diet harian anda sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok anda. Selain itu memasukkan zat besi, kalsium, protein dalam diet harian anda sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Vitamin A, asam lemak dan Zinc berfungsi untuk memperkuat akar rambut dan mengkilapkan rambut anda. Susu dan produk susu olahan adalah sumber terbaik untuk pertumbuhan rambut.

2. Pemangkasan Rambut
Melakukan pemangkasan rambut secara teratur tidak hanya menghilangkan ujung rambut yang mengeriting tetapi juga mencegah ujung rambut terbelah. Memangkas rambut secara teratur dapat meningkatkan kekuatan rambut dan mengurangi keguguran rambut / kerontokan rambut anda.

READ:  6 Cara Menangani Penyakit Flu pada Anak

3. Menyisir rambut secara teratur
Menyisir rambut dan memijat kulit kepala secara teratur merupakan kebiasaan yang baik karena dapat memperkuat pertumbuhan rambut. Menyisir rambut dengan sisir bergigi lebar dan lembut mencegah kerusakan rambut.
Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah atau pun rambut dalam keadaan sangat kering karena dapat merusak rambut anda.

4. Kondisioner Rambut
Gunakan kondisioner rambut secara teratur terutama jika rambut anda sering terpapar sinar matahari secara langsung ataupun karena polusi, kuman, hujan, debu dan bahan kimia yang dapat membuat rambut semakin mengering dan berwarna kecoklatan/ pirang. Solusinya bisa anda gunakan kain penutup rambut dan menerapakan kondisioner rambut secara teratur. Manfaat lain dari pemakaian kondisioner secara teratur dapat memperkuat pertumbuhan rambut sekaligus memberi kesejukan dan kelembaban rambut anda.

READ:  Kulit Apel Sangat Baik Untuk Dikonsumsi

5. Pijat Rambut
Melakukan pemijatan rambut (kulit kepala) dengan minyak berbahan penyejuk sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, mencegah pertumbuhan ketombe dan juga melemaskan otot-otot kepala yang dapat menguatkan akar rambut. Sebuah pijatan lembut dengan ujung jari dan kemudian menyisir seluruh kepala dengan lembut dari arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut meningkatkan pertumbuhan rambut anda.

6. Styling Rambut
Styling rambut memang terlihat nampak bagus, tapi dibalik itu akan merusak rambut anda dan melemahkan folikel rambut.

7. Tidur Sehat
Tidur setiap malam sekitar 6 sampai 8 jam akan melemaskan otot-otot kepala dan meningkatkan aliran darah yang beroksigen secara normal. Tidur akan membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan mengatur aliran darah keseluruh tubuh dan juga kepala anda yang pada akhirnya adapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

READ:  Gejala Defisiensi Vitamin K

8. Pengeringan Rambut
Menggunakan pengering rambut dengan udara (Air-Drying Hair) adalah cara yang sangat umum digunakan saat ini. Tapi cara ini tidak tepat menggunakan pengering rambut tanpa menggunakan pelembab yang tepat karena dapat membuat rambut anda semakin kering dan rapuh. Metode alami mengeringkan rambut adalah cara yang disarankan yang juga sangat sehat untuk rambut.

Rambut merupakan mahkota terindah yang dimiliki wanita jika dirawat secara tepat dan benar dan demikian juga sebaliknya akan membuat penampilan kita semakin jelek jika kita tidak pandai dalam merawat rambut tersebut. Untuk itu, tak ada salahnya jika anda mencoba 8 Cara Merawat Rambut Yang Benar diatas, semoga bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut anda.

Loading...