Perkembangan Janin pada Delapan Minggu Pertama Usia Kehamilan

Perkembangan JaninPerkembangan janin dalam kandungan dari minggu-keminggu akan menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Perhitungan umur kehamilan dimulai sejak hari pertama dari waktu haid terakhir seorang ibu.

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang perkembangan janin selama empat minggu pertama usia kehamilan dimana pembentukan embrio dan plasenta telah terbentuk. Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana perkembangan janin dimulai minggu kelima, mingggu keenam, minggu ketujuh dan minggu kedelapan usia kehamilan. dan berikut ini pembahasannnya.

Perkembangan Janin pada Delapan Minggu Pertama Usia Kehamilan

Minggu Kelima Usia Kehamilan

Pada minggu kelima dari usia kehamilan, tanda pertama dari tubuh janin sudah mulai nampak dan juga pembentukan saraf tulang belakang dan otak. Saraf tulang belakang dan otak akan berkembang dengan sehat dengan bantuan asam folat sehingga mengapa ibu sangat diharuskan untuk memenuhi nutrisi asam folat ini sedini mungkin.

Loading...

Organ-organ tubuh lainnya juga mulai terbentuk seperti paru-paru, jantung, lensa mata dan sebagainya. Perlu pula kita ketahui bahwa pada sekitar enam belas hari setelah ovulasi, sel-sel embrio ini mengorganisasikan diri ke dalam tiga lapisan khusus: ektoderm, mesoderm dan endoderm.

READ:  Cara Meningkatkan Kecerdasan dan Bakat Alami Anak

Lapisan inilah yang berperan dalam mengembangkan beberapa organ tubuh dimana kita bisa lihat seperti dibawah ini.

  • Lapisan Endoderm membentuk paru-paru, lidah, tonsil, uretra, dan kelenjar yang terkait, kandung kemih dan saluran pencernaan.
  • Lapisan Mesoderm membentuk otot, tulang, jaringan limfatik, limpa, sel darah, jantung, dan sistem reproduksi dan ekskretoris.
  • Lapisan Ektoderm membentuk kulit, kuku, rambut, lensa mata, selaput telinga internal dan eksternal, hidung, sinus, mulut, anus, enamel gigi, kelenjar pituitari, kelenjar susu, dan semua bagian dari sistem saraf.

Minggu Keenam Usia Kehamilan

Pada minggu ke enam kehamilan perkembangan janin selanjutnya yaitu jantung bayi sudah mulai berdetak. Pada bentuk janin sendiri masih menyerupai kecebong yang meringkuk dengan bagian kepala yang lebih besar dan hamper setengah dari panjang embrio.

READ:  Cara Menghadapi Anak yang Sering Memukul

Pada bagian tengah embrio ini muncul tonjolan yang memegang jantung, lengan kecil dan tunas kaki telah muncul. Pada bagian bawah, terdapat titik dari tali pusar yang menghubungkan antara janin ke plasenta, organ yang menyediakan suplai darah dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup calon bayi anda kelak.

Pada bagian ujung embrio membentuk ekor yang agak panjang, namun hal ini akan berubah dan menghilang dalam beberapa minggu kedepannya.
Di dalam tubuh, sistem saraf pusat, sistem peredaran darah, dan organ-organ seperti hati dan pankreas berkembang.

Sepanjang badan embrio terdapat deretan blok kecil tulang yang disebut somit. Somit inilah yang nantinya akan berkembang akan menjadi tulang belakang dan tulang rusuk.

Minggu Ketujuh Usia Kehamilan

Pada akhir minggu ketujuh fitur wajahnya mulai nampak dengan cekungan kecil yang akan menjadi mata, telinga bagian dalam dan awal dari mulut dan lidah.
Disekitar tubuh embrio ini, lapisan pertama dari bentuk kulit masih sangat halus dan transparan. Ujung-ujung lengan membentuk tunas lengan yang disebut piring tangan. Pada akhir minggu ketujuh ini jari-jari akan mulai terbentuk meski masih berselaput seperti kaki bebek.

READ:  Cara Menemukan Hobi Anak

Perubahan dan perkembangan embrio lainnya terjadi pada bagian otak dimana sebuah sel membelah menjadi tiga bagian otak yaitu otak depan, otak tengah dan otak bagian belakang.

Minggu Kedelapan Usia Kehamilan

Pada minggu kedelapan ini, tubuh janin mulai sedikit lurus dan ukuran kepala yang masih sangat besar. Perkembangan lainnya adalah pembentukan kerongkongan yang membawa makanan ke perut juga mulai terbentuk.

Demikian pembahasan singkat mengenai perkembangan janin selama delapan minggu pertama usia kehamilan, dan pembahasan yang akan terbit selanjutnya adalah perkembangan janin pada dua belas minggu kehamilan.

Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk mengetahui bagaimana memprediksi bentuk dan ukuran janin anda  serta apa yang harus anda konsumsi untuk menunjang perkembangan janin anda lebih signifikan lagi.

Loading...