Pencegahan dan Pengobatan Rasa Gatal pada Payudara

Obat Gatal pada PayudaraSering mengalami gatal atau ruam disekitar payudara anda? Itu mungkin karena gejala infeksi jamur. Jamur memang paling doyan hidup tempat-tempat gelap dan lembab seperti pada daerah lipatan kulit, termasuk pada celah-celah payudara dan sela-sela jari, selangkangan paha dan ketiak kita.

Memiliki payudara yang besar memang merupakan aset berharga namun sayangnya, aset berharga bisa menimbulkan masalah seperti gatal, ruam kemerahan dan nyeri. Pada lipatan kulit antara payudara dan dada yang selalu lembab dan hangat merupakan tempat yang kondusif untuk pertumbuhan jamur.

Tapi sebelum anda memastikan apakah ruam itu disebabkan oleh jamur atau bukan ada beberapa ciri khas yang disebabkan oleh jamur yang bisa dijadikan petunjuk, antara lain:

Loading...
READ:  Makan Daging yang Aman dari Kolesterol

– Kulit yang terinfeksi berwarna gelap pada bagian tengah kulit dan bagian batas luarnya berwarna merah.
– Kulit yang mengalami ruam menampilkan kulit kering.
– Terdapat lesi kecil pada perimeter ruam.
– Rasa gatal dan sensasi panas.

Jika anda termasuk wanita yang sedang mengalami gangguan kulit pada payudara anda dan bermaksud untuk mencarikan solusinya, mungkin tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa saran seperti dibawah ini.

Pencegahan dan Pengobatan Rasa Gatal pada Payudara

Pencegahan

– Jangan gunakan pakaian yang tebal dan kasar untuk membiarkan kulit disekitar payudara annda sedikit bernafas.
– Kenakan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami
– Kenakan ukuran bra yang pas (tidak terlalu longgar ataupun ketat)
– Ganti BH secara teratur (mengganti BH setidaknya 3-4 kali dalam setiap harinya)
– Cara mencuci BH yang benar ( BH sebaiknya direndam dengan air panas kemudian mencucinya seperti biasa)
– Jaga kulit pada lipatan payudara anda dari kelembaban.
– Kenakan Bra Lanolin (Menggunakan bra yang ber bahan lanolin murni)

Obat Anti Jamur
Selain itu cara diatas, saran lainnya adalah menerapkan krim antijamur topikal untuk mengobati infeksi jamur anda. Jika kulit payudara anda nampak lembab, anda dapat mengaplikasikannya bedak antijamur yang dianjurkan.
Dalam kasus infeksi jamur yang parah, obat antijamur oral mungkin diperlukan. Jika anda penderita diabetes, pastikan kadar gula darah anda di bawah kontrol.

READ:  5 Obat Alami untuk Atrial Fibrilasi

Pengobatan rumah
Kompres es selama 5 sampai 10 menit pada lipatan payudara anda, setelah itu baru anda bersihkan dengan sabun antiseptik. Keringkan daerah lipatan kulit kemudian taburi bedak antijamur.

Jangan mengabaikan gejala ruam dibawah payudara anda, obati infeksi jamur sesegera mungkin ketika anda memastikan bahwa itu disebabkan oleh jamur.

Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk infeksi jamur jika beberapa saran diatas tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.

Loading...