Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara menghilangkan bekas luka bakar pada kulitBekas luka bakar pada kulit kita tentu sangat mengganggu penampilan kulit  apalagi jika bekas luka tersebut meninggalkan jaringan parut pada bagian kulit yang mudah terlihat orang.

Bekas luka yang meninggalkan jaringan parut tersebut biasanya sangat sulit dihilangkan secara menyeluruh hanya dengan dua tiga kali perawatan melainkan dengan cara menghilangkannya secara bertahap.

Oleh karena itu pada orang yang sedang mengalami luka bakar sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara benar.

Perawatan luka bakar yang benar selain untuk meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan juga dimaksudkan agar kelak jika luka sudah mengering, bekas luka tersebut tidak meninggalkan jaringan parut.

Salah satu cara perawatan kulit yang mengalami luka, dengan segera mengobatinya dengan ramuan kunyit yang diberi campuran air dingin segera mungkin setelah kulit mengalami luka.

READ:  7 Cara Merawat Kulit Leher agar Halus dan Lembut

Penggunaan air dingin ini berfungsi untuk menenangkan kulit terbakar sementara kunyit sendiri bertindak sebagai antiseptik alami serta mencegah munculnya bekas luka.

Selain dengan kunyit, kita juga dapat mengoleskan susu dingin dengan menggunakan kapas pada daerah luka.

Jika luka mulai mengering, gunakan minyak Vitamin E dan gel lidah buaya sambil melakukan pemijatan dengan lembut. Tujuan perawatan ini untuk merangsang sel kulit agar melakukan regenerasi dengan cepat dan memberikan warna kulit dan tekstur kulit sebagaimana awalnya.

Langkah perawatan diatas merupakan cara pencegahan agar pada bekas luka tersebut tidak meninggalkan jaringan parut.

Beberapa tips untuk meringankan bekas luka bakar yang bisa kita tempuh adalah memijat bekas luka dengan minyak almond setiap dua kali sehari. Hal ini akan meringankan bekas luka secara bertahap.

READ:  Cara untuk Meningkatkan Elastisitas Kulit

Anda juga bisa merendam beberapa biji fenugreek dalam air semalam dan menghaluskannya untuk dijadikan pasta pada keesokan harinya. Oleskan pasta ini pada bekas luka bakar dan biarkan sampai mengering sebelum anda membilasnya.

Untuk obat lain, membuat jus dari daun margosa untuk digunakan sebagai bahan pijatan pada bekas luka. Cuci kulit dengan air setelah jus ini mengering.

Menerapkan jus lemon pada kulit. Sifat asam dari jeruk nipis membantu meringankan bekas luka secara alami selama periode waktu.

Cara lain yang efektif untuk menyingkirkan bekas luka bakar adalah untuk memijat kulit dengan bubur tomat dua kali sehari. Tomat bertindak sebagai agen pemutih alami dan membantu menghilangkan bekas luka bakar.

Obat lain yang berguna untuk bekas luka bakar dengan menerapkan madu, minyak zaitun atau minyak kelapa setiap harinya pada bekas luka bakar. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan bekas luka secara bertahap.

READ:  5 Cara Alami Meningkatkan Kolagen Dalam Tubuh

Jaringan parut merupakan sumber utama morbiditas pada pasien dengan luka bakar. Bekas luka bakar sulit untuk dihilangkan hanya dengan seketika. Oleh karena itu terapkan ramuan diatas secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang lebih cepat.