7 Perawatan Bibir Kering

7 Perawatan Bibir KeringTak dapat dipungkiri bahwa bibir merupakan salah satu organ tubuh wanita yang paling disukai oleh pria apalagi jika bibir tersebut terlihat merona dengan bentuknya yang seksi. Namun dibalik kekuatan magnet bibir banyak masalah yang dapat merusak kecantikan bibir kita.

Secara alamiah lapisan kulit pada bibir sangat halus dan lembut sehingga sangat mudah dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti suhu, penyakit, kosmetika tertentu dan karena faktor ketidak seimbangan nutrisi harian tubuh sehingga menimbulkan beberapa jenis gangguan pada bibir seperti bibir mengelupas, kerutan pada bibir, bibir pecah-pecah, warna bibir gelap dan bibir kering.

Hilangnya kelembaban bibir selain karena disebabkan oleh cuaca ekstrim dan paparan sinar matahari, udara kering dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan bibir utamanya bibir menjadi kering.

Sebenarnya munculnya bibir kering tidak terjadi begitu saja namun diawali oleh beberapa gejala. Beberapa gejala bibir kering ini seperti munculnya retak kecil pada permukaan bibir atau lecet di dalam dan disekitar bibir. Terkadang juga gejalanya dapat berupa kemerahan, bibir terasa kaku dan kering. Pada tingkat keparahan yang tinggi permukaan bibir dapat mengupas dan menyebabkan iritasi, rasa nyeri ataupun berdarah.

READ:  Mengenal Penyebab, Tahapan dan Gejala Menopause

7 Perawatan Bibir Kering

1. Untuk merawat bibir kering anda dapat menerapkan lotion tabir surya saat akan keluar rumah terutama jika cuaca panas atau cuaca sangat dingin. Gunakan humidifier dalam ruangan saat cuaca kering atau dingin untuk melembutkan bibir anda.

2. Minum banyak cairan terutama air putih karena salah satu penyebab bibir kering adalah kurangnya cairan tubuh sehingga tubuh mengalami dehidrasi yang dapat mempengaruhi kelembaban bibir kita.

3. Terapkan Lip balm seperti Carmex jika anda mengalami bibir yang retak-retak. Beberapa produk pelembab berbentuk lotion seperti Vaseline cukup baik untuk mencegah keretakan kulit bibir. Oleskan lip balm yang mengandung aloevera atau Vitamin E untuk membuatnya lembut. Jangan gunakan pelembab rasa balsem yang hanya akan menggoda anda untuk menjilat bibir.

READ:  7 Cara Alami Mengatasi Peradangan atau Inflamasi

4. Hindari menjilati bibir sesering mungkin karena hanya akan menghilangkan kelembaban alami bibir.

5. Mengurangi konsumsi jus jeruk jika kondisi bibir mengalami kekeringan karena dan jus ini dapat menimbulkan reaksi toksik dengan sinar matahari dan menyebabkan alergi pada bibir. Demikian pula, kobalt dari Vitamin B12 dan Vitamin A juga dapat memiliki efek yang sama pada bibir dan rongga bukal.

6. Hindari memakai lipstik untuk sementara terutama pada lipstik yang mengandung propyl gallate yang dapat menghambat minyak alami untuk menghidrasi bibir anda meskipun propyl gallate bertindak sebagai anti oksidant.

7. Hindari gaya hidup buruk seperti merokok dan mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan dehidrasi pada bibir karena dengan merokok dapat merusak minyak alami yang mencegah dehidrasi pada bibir.

READ:  Obat Kebotakan Pada Anak

Bibir kering dapat mempengaruhi kecantikan kita, oleh karena itu hindari beberapa pemicu yang dapat menyebabkan bibir jadi kering. Menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi nutrisi penting serta minum air yang cukup dapat membebaskan kita dari bibir kering. Semoga 7 Perawatan Bibir Kering diatas dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir anda.