Tips Meningkatkan Memori Anak Dalam Jangka Panjang

Meningkatkan Memori AnakSalah satu tanggung jawab orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak adalah mencari formula untuk mempermudah meningkatkan daya ingat anak. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat anak, baik melalui musik (audio) maupun gambar suatu benda yang dilengkapi dengan audio.

Salah satu cara meningkatkan memori anak dengan selalu memperdengarkan musik mozart. Anda dapat membeli musik mozart untuk ibu hamil untuk meningkatkan memori anak sejak dia masih dalam kandungan.

Untuk meningkatkan daya ingat anak, mungkin tak ada salahnya untuk membaca Tips meningkatkan memori anak dalam jangka panjang seperti :

1. Pengulangan dan praktek.
Mendidik anak dengan metode pengajaran dan melalui praktek secara langsung seperti menyebutkan nama sekaligus mengenalkan bendanya. Ulangi sesering mungkin agar memori anak terlatih untuk mengingat melalui sesuatu melalui visual dan pendengaran.

READ:  5 Kebiasaan Orangtua Membuat Anak Susah Tidur

2. Teknik mnemonik
Teknik mnemonik adalah metode pembelajaran dengan menggunakan kata lelucon, unik maupun akronim untuk memudahkan mengingat dan menghapal sesuatu. Teknik menmonik ini bukan hanya dipraktekkan pada orang dewasa, tetapi teknik ini sangat baik untuk meningkatkan memori anak. Salah satu contoh mnemonik yang biasa digunakan untuk menghapal unsur periodik dalam pembelajaran kimia untuk SMU misalnya :

Untuk menghafal dan mengingat Unsur kimia pada golongan Alkali yang terdiri dari : H . Li . Na . K . Rb . Cs dan Fr dengan memberikan penamaan Hari Libur Nanti Kita Rbutan Belana si Friska.
Teknik mnemonik diatas hanya salah satu teknik mnemonik dari beberapa metode mnemonik lainnya.

3. Metode Audio
Dalam meningkatkan daya ingat anak, kita dapat menggunakan beberapa media elektronik, baik dengan visual, audio maupun dengan audio visual sekaligus.

READ:  Jenis Dan GejalaTumor Otak Pada Anak-Anak

Memberikan pengajaran melalui suara musik dengan melatih mengingat nada-nada musik serta melafalkan syair lagu sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan anak untuk menghafal.

4. Menghafal untuk meningkatkan memori
Jika kita bermaksud untuk meningkatkan memori anak dalam jangka panjang, bantu anak anda cara dan teknik menghafal dengan baik. Setelah mereka bisa mengahafalkan salah satu syair lagu, berilah pujian kepada anak anda agar mereka semakin bersengat untuk mempelajari dan menghafal sesuatu.

Peran orang tua dalam meningkatkan memori anak sangat mempengaruhi daya ingat anak dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, jika anda bermaksud untuk meningkatkan daya ingat anak, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti beberapa Tips meningkatkan memori anak dalam jangka panjang.