3 Cara Alami Merawat Mata Agar Tetap Sehat

3 Cara Alami Merawat Mata Agar Tetap SehatBerada di depan layar monitor komputer dengan berjam-jam, menonton televisi seharian, dan merekam semua hal yang bisa kita lihat. Kita sudah mengetahui kan betapa beratnya tugas sepasang mata kita?

Nah, agar memperoleh kesehatan mata untuk selalu terjaga dan menghindari dari berbagai jenis penyakit serta gangguan mata, ada baiknya kita akan melakukan beberapa usaha dalam pencegahan tersebut.

Kami akan memberikan tiga cara alami yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan mata.

Ketiga tips ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa langsung Anda lakukan sekarang juga, diantaranya:

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Agar mata Anda bisa berfungsi secara baik dan normal, Anda harus pandai dalam menentukan dan memilah makanan yang Anda ingin kansumsi. Makanan yang kami maksud yang baik untuk kesehatan mata antara lain, yaitu:

1. Makanan yang mengandung di dalamnya berupa vitamin A, C, dan E.
2. Makanan yang mengandung anti oksidan, misalnya sayuran hijau, kuning telur, paprika kuning, labu, ubi, dan wortel.
3. Makanan yang yang mengandung sulfur, sisteina, lesitin misalnya bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah.
4. Buah beri yang kaya akan kandungan antosianin seperti blueberry, anggur, dan goji beri.
5. Makanan yang kaya akan kandungan DHA atu asam lemak misalnya yang ada pada ikan salmon, sarden, mackerel, dan cod.

Olahraga Mata

Bukan hanya tubuh kita yang perlu berolahraga, melainkan mata kita juga pun sangat butuh olahraga supaya tetap bisa berfungsi secara normal dan optimal. Sebaiknya lakukan latihan olahraga selama satu bulan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Olahraga mata yang bisa Anda dilakukan antara lain adalah:

1. Hangatkan Mata

Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan telapak tangan Anda sampai terasa hangat, kemudian letakkan telapak tangan Anda di mata selama lima detik. Ulangi selama tiga kali.

2. Putar Bola Mata

Caranya yaitu dengan melihat ke atas, dan putar bola mata Anda secara perlahan sampai 10 kali dengan searah jarum jam dan 10 kali berlawanan dengan arah jarum jam.

3. Fokus

Melakukan dengan memegang sebuah bolpoin di tangan Anda kemudian ulurkan tangan Anda ke depan dan pusatkan perhatian Anda pada bolpoin tersebut. Secara perlahan dekatkan bolpoin tersebut ke mata Anda dengan jarak 12 cm dari hidung Anda. kemudian jauhkan kembali. Lakukanlah berulang-ulang selama sepuluh kali.

4. Pijat kedua pelipis Anda dengan memakain ibu jarak. Pijat dengan langkah memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan tersebut yang sama di daerah tengah antara kedua alis, di bawah mata, dan di batang hidung.

5. Tidur Sebentar

Membaringkan tubuh Anda dan pejamkan mata selama 3 menit lamanya.

Istirahat Mata

Dengan tidur yang cukup selama 8 jam sehari akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu, istirahatkan juga mata Anda selama 10 menit setelah habis berhadapan dengan layar monitor komputer selama 50 menit.

Ketika Anda merasa mata Anda sangat lelah, Anda bisa mengambil potongan timun yang dingin dan menyimpannya di atas kelopak mata Anda.

***

Bagaimana? Tidak susah kan untuk menjaga kesehatan mata.