7 Manfaat Garam sebagai Obat Alternatif

Manfaat Garam sebagai ObatGaram bukan hal yang asing lagi bagi kita dan dibalik rasa asinnya ternyata garam ini tidak hanya untuk menambah kenikmatan rasa makanan tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternative untuk berbagai macam keluhan pada kesehatan kita.

Penggunaan garam sebagai pengobatan alternative sebenarnya sudah lama dilakukan hanya saja mungkin tidak semua orang tahu bagaimana memanfaatkan dan penyakit apa saja yang bisa diatasi dengan menggunakan garam ini.

Manfaat garam sebagai obat alternatif seperti dapat mengatasi masalah sakit tenggorokan , sakit gigi , postnasal drip (pengumpulan lendir dibelakang hidung), sengatan lebah, gigitan nyamuk, gusi bengkak meskipun Ilmu pengetahuan modern belum mendukung semua penggunaan tradisional garam hingga bisa menyembuhkan tapi secara fakta dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti yang disebutkan diatas.

Berikut ini adalah manfaat garam sebagai obat alternative yang bisa meringankan hingga menyembuhkan beberapa keluhan penyakit seperti dibawah ini.

7 Manfaat Garam sebagai Obat Alternatif

1. Sakit atau Radang Tenggorokan
Sakit atau peradangan pada tenggorokan (Faringitis ) bisa terjadi pada siapa saja dan tentunya hal ini sangat mengganggu kenyamanan kita apalagi disaat menelan makanan ataupun minuman.

READ:  Gejala dan Pencegahan TBC

Obat sederhana untuk mengatasi nyeri tenggorokan minor yaitu dengan berkumur dengan air asin hangat. Cukup tambahkan 1 sdt garam dan air secukupnya lalu aduk aduk hingga butiran garam benar-benar larut. Air larutan garam ini digunakan sebagai obat kumur hingga beberapa kali sehari.

Jika sakit tenggorakan anda disertai dengan demam tinggi serta tidak dapat sembuh dalam tiga hari segera menghubungi dokter keluarga anda atau dokter THT yang terpercaya.

2. Luka bakar atau Cedera
Luka bakar tidak hanya dapat ditimbulkan oleh api tetapi juga dapat disebabkan oleh benda panas lainnya termasuk dalam hal ini adalah minuman teh atau kopi panas yang kita minum.
Nah jika anda mengalami luka pada kulit bagian dalam mulut karena pengaruh minuman yang masih panas segeralah berkumur dengan air asin setiap jam atau lebih. Gunakan 1/2 sdt garam lalu larutkan dalam air hangat sebagai obat kumur anda.

3. Pembengkakan gusi
Jika terjadi pembengkakan dan infeksi pada gusi, mungkin tak ada salahnya untuk mencoba larutan garam sebagai obat kumur anda. Tapi pembengkakan dan rasa sakit pada gusi ini juga sebaiknya di tangani oleh seorang dokter gigi sesegera mungkin.

READ:  5 Obat Alami Pilihan untuk Diabetes tipe 2

4. Sakit gigi
Siapa yang bisa tahan ketika mengalami sakit gigi, tapi anda jangan khawatir karena garam dapur dapat meredakan rasa sakit yang anda derita meskipun hal ini hanya sifatnya sementara saja.

Cara membuat ramuan ini yaitu larutkan garam 1sdm dan cuka 2 sdm pada air hangat secukupnya lalu gunakan larutan ini sebagai obat kumur anda.

5. Sakit tenggorokan
Untuk sakit tenggorokan sendiri,kita bisa gunakan 1/4 sendok teh garam dan 1/ 4 sdt baking soda dengan air secukupnya lalu gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari untuk meringankan sakit tenggorokan anda. Jika rasa sakit berlangsung lebih dari 3 hari segera hubungi dokter anda.

6. Sleep apnea
Sleep apnea adalah gangguan tidur karena adanya gangguan pada saluran pernafasan yang menuju keparu-paru. Sering mengalami sleep apnea ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh utamanya pada paru-paru dan jantung kita.

Jika sleep apnea disebabkan karena penyumbatan lubang hidung karena lendir, coba gunakan tetesa larutan garam ini pada hidung anda sebelum anda hendak tidur.

READ:  Ramuan herbal untuk mengatasi penyakit kurap

7. Sengatan lebah
Sengatan lebah pada kulit kita bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh sengatan lebah ini yaitu dengan membalurkan butiran garam yang telah ditetesi air secukupnya pada bagian kulit yang tersengat lebah tersebut.

Untuk kulit yang bentol dan meninggalkan bekas kemerahan pada kulit bekas gigitan nyamuk yaitu dengan merendam merendam bagian kulit tersebut selama beberapa menit dalam air asin kemudian menerapkan garam halus pada kulit selama beberapa saat.

Demikianlah beberapa manfaat garam sebagai obat alternative untuk mengatasi berbagai keluhan yang membuat kita tidak merasa nyaman. Jadi fungsi garam tidak hanya berhubungan dengan penambah rasa dalam makanan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alternative anda.