7 Jenis Makanan untuk Menunda Penuaan Kulit

Makanan Pencegah KeriputKeriput atau garis halus pada kulit merupakan tanda atau gejala penuaan kulit. Penuaan kulit ini bisa hadir lebih cepat dari biasanya.

Kulit keriput bisa hadir lebih cepat jika kulit kita sering mengalami yang namanya kekurangan nutrisi ataupun bisa juga karena pengaruh-pengaruh luar kulit.

Sebenarnya penuaan kulit bisa dihindari jika saja kita selalu memperhatikan kebutuhan kulit kita.

Menunda penuaan kulit bisa dilakukan dengan menerapkan kosmetika yang mengandung nutrisi penting untuk kulit kita. Namun hal ini tidak menjamin sepenuhnya untuk bisa terhindar dari penuaan karena kebutuhan nutrisi kulit tentunya tak akan terpenuhi secara keseluruhan hanya dengan mengandalkan kosmetika yang kita gunakan.

Oleh karena itu untuk menunda hadirnya penuaan kulit yaitu dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kulit kita. Berikut ini adalah 7 Jenis Makanan untuk Menunda Penuaan Kulit seperti:

1. Stroberi
Kandungan gizi dan senyawa penting dalam stroberi berupa vitamin C, karbohidrat dan mineral penting lainnya dapat meningkatkan kesehatan kulit kita. Bahkan pada secangkir stroberi dapat menyediakan sekitar 150 persen dari jumlah harian vitamin C yang disarankan.

READ:  Areola yang Hitam, Ringankan dengan Krim Pemutih

Seperti kita ketahui bahwa vitamin C dapat mencegah keriput dan kekeringan yang berkaitan dengan usia. Senyawa anti oksidant yang ditemukan dalam stroberi juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Tomat
Buah tomat yang sering dijadikan sayur ini sangat kaya akan nutrisi termasuk dalam hal ini untuk menutrisi kulit kita. Warna merah pada buah tomat yang didapat dari lycopene, suatu karotenoid yang dapat menjaga kulit tetap halus dan lembut.

Mengkonsumsi makanan yang kaya lycopene seperti yang terdapat pada buah tomat, semangka, jeruk , wortel, semangka, jambu biji dan paprika merah juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

3. Tahu
Tahu yang dianggap sebagai bahan makanan tradisonal ini kaya akan sejumlah nutrisi. Sering mengkonsumsi tahu serta beberapa hasil olahan dari kedelai dapat menjaga fungsi kolagen sehingga kulit kita tetap kencang dan elastis.

READ:  Cara Membuat Sampo Yang Aman Untuk Rambut

4. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kulit. Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat ini seperti vitamin E, sejumlah vitamin B dan vitamin C, mineral dan beberapa senyawa penting lainnya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit kita. Dan dengan alasan ini pula sehingga alpukat ini sering dijadikan sebagai bahan masker kecantikan.

5. Kopi
Kopi selain mengandung kafein yang jika diminum secara berlebihan dapat merusak kesehatan. Namun dibalik efek negative yang ditimbulkan ternyata kopi ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal.

Minum satu cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit serta dapat mengurangi bau badan.

6. Cokelat
Coklat atau kakao mengandung jenis flavonoid yang disebut epicatechin (yang juga terdapat dalam teh dan anggur merah) dapat meningkatkan aliran darah untuk menyuplai gizi dan oksigen yang dibutuhkan oleh kulit kita.

READ:  5 Perawatan Tangan Agar Tetap Mulus dan Awet Muda

Dengan demikian peran cokelat ini dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga secara tidak langsung dapat menghambat hadirnya penuaan klit dengan cepat.

7. Melon
Melon adalah jenis buah yang mendatangkan sejumlah manfaat untuk kulit kita jika sering mengkonsumsinya.

Kandungan buah melon sendiri berupa protein, kalsium, fosfor, sejumlah vitamin dan senyawa penting untuk kulit kita sehingga buah melon ini turut berperan dalam menjaga elastisitas kulit serta menunda hadirnya penuaan kulit.

Jadi untuk menunda hadirnya keriput atau garis halus pada kulit selain dengan menggunakan kosmetika juga dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi beberapa makanan diatas.