Tingkatkan Hormon Pertumbuhan agar Kulit Tetap Awet Muda

Obat Awet MudaKulit kita terdiri dari sel-sel hidup yang akan mengalami penuaan dan secara alami akan melakukan pergantian sel baru yang dikenal dengan regenarasi kulit.

Dalam meregenarasi kulit ini, tentunya dengan bantuan hormon pertumbuhan atau growth hormone (GH). Hormon pertumbuhan ini juga biasa disebut somatotropin atau somatropin. Hormon ini tidak lain adalah hormon peptida yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang ada pada diri kita.

Fungsi hormon pertumbuhan ini untuk merangsang pertumbuhan, sebagai hormon yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kulit agar tetap awet muda dengan mengganti sel-sel yang telah rusak atau mengalami penuaan. Hormon ini juga dikaitkan dengan kemunculan uban secara dini dari yang seharusnya.

Pada beberapa terbitan artikel sebelumnnya sudah disinggung mengenai pengaruh hormon pada kecantikan kulit namun belum dibahas secara detail bagaimana peran hormon ini, bagaimana pengaruhnya jika kelebihan maupun kekurangan hormon pertumbuhan ini.

READ:  Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit

Pentingnya hormon pertumbuhan (Growth hormone)
Pentingnya hormon pertumbuhan pada kulit kita untuk membuat kulit tetap awet muda, karena kita tahu bahwa kulit akan mengalami penuaan dari waktu kewaktu.

Pada dasarnya hormon pertumbuhan bertanggung jawab untuk merangsang pertumbuhan diusia anak-anak dan remaja. Namun hormon ini pula sangat penting artinya untuk kulit dan rambut orang dewasa. Selain itu, hormon ini juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Dampak kekurangan hormon pertumbuhan
Kekurangan hormon pertumbuhan dalam tubuh, tubuh mulai mengalami peningkatan jaringan lemak tubuh (terutama di perut), kulit menjadi lebih kendur dan mengurangi ukuran otot massa.

Tingkat produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh mulai menurun setelah kita berusia diatas 30 tahun dan mengalami penurunan sekitar 2% setiap tahunnya. Meski demikian, kita dapat meningkatkan hormon ini melalui jenis makanan tertentu yang kita konsumsi setiap harinya.

READ:  Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Indah

Cara untuk meningkatkan hormon pertumbuhan secara alami

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum L.)

Fenugreek adalah tanaman khas Asia yang sudah tersedia di pasar. Fanugrek ini memiliki nama lain seperti klabet, Hulbah dll.
Sebenarnya Fenugreek ini telah lama dimanfaatkan bahkan sejak zaman mesir kuno maupun pengobatan tradisional Cina hingga sekarang ini.

Jika anda masih bingung atau merasa kesulitan untuk menemukan tanaman ini, anda bisa mendapatkannya dalam bentuk kemasan yang banyak dijual di toko online. Beberapa makanan lainnya seperti buah, sayuran, protein hewani dan lain sebagainya.

Masker tidur

Saat anda tertidur, hormon ini diproduksi dalam jumlah besar sehingga tidur sangat penting artinya untuk mempertahankan jumlah hormon pertumbuhan anda.

READ:  Cara Merawat Kulit Wajah pada Musim Kemarau

Salah satu hal yang biasanya mengganggu kualitas tidur adalah karena pencahayaan yang buruk. Untuk itu, gunakan masker tidur untuk meningkatkan melatonin (hormon tidur) agar anda bisa tertidur dengan nyenyak. Manfaat lain dari masker tidur adalah meningkatkan tingkat hormon pertumbuhan dalam tubuh secara alami.