Cara Mencegah Rambut Beruban yang Hadir Lebih Cepat

Penyebab Rambut BerubanPertumbuhan uban merupakan hal alami yang terjadi pada manusia khususnya bagi mereka yang telah berusia 45 tahun keatas. Namun uban ini bisa muncul lebih awal dari yang seharusnya.

Faktor penyebab
Penyebab munculnya uban lebih cepat, selain karena faktor genetika (keturunan) juga merupakan adanya gejala dari sintesis protein yang tidak tepat.

Pertumbuhan rambut putih ini terjadi ketika kurangnya pigmen warna (melanin) yang diproduksi dalam folikel rambut oleh melanosit.
Sel-sel pigmen ini terletak di dasar folikel rambut, dan seiring dengan pertambahan usia sel-sel pigmen ini semakin banyak yang mati sehingga warna rambut secara bertahap mulai berubah menjadi abu-abu.

Selain faktor diatas, munculnya uban lebih cepat bisa dipengaruhi oleh stres. Seseorang yang mengalami stres yang berkepanjangan, ketidak seimbangan nutrisi, kecemasan dan kondisi psikis lainnya dapat mempengaruhi produksi melanin kita.

Ramuan herbal untuk mencegah rambut beruban
Untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan uban yang hadir lebih cepat, ada beberapa tips yang bisa anda coba dirumah seperti:
– Pijat rambut anda dengan minyak kelapa yang telah dicampur dengan air jeruk nipis selama 15 menit. Gunakan ramuan ini 2-3 dalam seminggunya. Hal ini akan menghambat pertumbuhan uban selanjutnya.

– Seduh teh hitam dengan air mendidih secangkir lalu tambahkan garam 1 sdm. Ketika dingin, saring teh dan pijat pada kulit kepala anda. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air dingin (Jangan gunakan sampo dalam membilasnya).

READ:  Solusi Untuk Kaki Berbau Yang Menyengat

Perawatan rambut harian
Perawatan rambut yang tepat sangat penting untuk menjaga tekstur rambut, pertumbuhan rambut serta kemilau rambut. Oleh karena itu gunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut anda.

Pilih produk sampo dan kondisioner yang lembut dan sebaiknya tanpa deterjen yang keras seperti natrium lauril sulfat. Jangan gunakan kondisioner buatan pabrik sesering mungkin dan jika perlu gunakan kondisioner buatan sendiri.

Lakukan pemijatan harian pada rambut anda dengan menggunakan ujung jari anda karena hal ini sangat membantu sirkulasi darah dalam kulit kepala.

Diet untuk mencegah rambut beruban
Diet merupakan faktor yang sangat penting untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut, termasuk dalam menghambat pertumbuhan uban. Beberapa diet yang sangat dibutuhkan rambut dan kulit kita diantaranya adalah:

1. Vitamin A
Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan memberikan kilauan dan cahaya pada rambut maupun kulit kita. Sertakan sayuran hijau tua dan buah yang berwarna orange dalam diet anda, namun jangan berlebihan karena jika terlalu banyak justru bisa menyebabkan rambut rontok. Anda perlu 2.500 IU per hari, baik dari suplemen melalui diet.

2. Vitamin B
Fungsi vitamin B pada rambut adalah mengatur sekresi minyak, menjaga kesehatan dan kelembaban rambut. Makan lebih banyak sayuran segar berdaun hijau, tomat, kembang kol, sereal, hati ginjal, yoghurt, pisang dan sayuran hijau.

READ:  Gejala dan Pencegahan TBC

3. Vitamin E
Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan memiliki sifat anti penuaan kulit serta dapat membantu mencegah rambut beruban (setidaknya memperlambat proses rambut beruban). Vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi oksigen ke folikel rambut.

Sumber alami untuk vitamin E termasuk bayam, brokoli, kubis Brussel, telur, dan gandum. Vitamin E juga tersedia dalam mudah menelan topi gel.

4. Mineral
Beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh rambut kita seperti zinc, besi dan tembaga. Sumber makanan seng (daging merah, ayam dan sayuran hijau), besi (daging sapi, aprikot kering, daging merah, peterseli, telur, gandum dan biji bunga matahari), tembaga ( seafood, kuning telur dan sereal).

5. Protein
Mengkonsumsi lebih banyak protein akan membuat rambut lebih bercahaya secara alami. Sertakan lebih banyak sereal, daging dan kedelai dalam diet anda.

6. Biotin

Biotin adalah bagian dari B kompleks, dan mencegah rambut rontok dan bahkan dapat membantu mencegah beruban. Ini membantu tubuh menggunakan asam lemak yang penting untuk pertumbuhan rambut. Biotin terjadi secara alami dalam susu, telur dll.

7. Asam pantotenat
Asam pantotenat merupakan elemen yang sangat penting untuk kulit kepala dan folikel rambut. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa kekurangan asam pantotenat dapat menyebabkan rambut cepat beruban dan kerusakan pada folikel rambut.
Sumber makanan Asam pantotenat (kuning telur, kentang, susu, biji-bijian, dll).

READ:  5 Titik Akupresur Untuk Menginduksi Persalinan

8. Kolin
Kolin adalah bagian lain dari vitamin B yang berperan penting dalam pencegahan rambut rontok. Sumber alami meliputi gandum, kuning telur,  dan hati.

9. Asam lemak
Asam lemak yang sehat seperti minyak biji rami dan minyak ikan ini berperan dalam menjaga elastisitas rambut. Asam lemak ini juga dapat mencegah rambut kering dan rapuh. Asam lemak ini juga dapat ditemukan dalam lemak ikan, kedelai, minyak canola, dan kenari.

Rambut beruban bisa hadir lebih cepat, hal ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, kesalahan dalam merawat rambut, karena miskinnya nutrisi untuk rambut. Oleh karena itu untuk mencegah maupun menghambat hadirnya uban dengan memperbaiki diet anda. Dan semoga  Cara Mencegah dan Menghambat Rambut Beruban diatas dapat memberikan manfaat untuk mempertahankan warna hitam rambut anda.