Tahapan dan Perkembangan Janin pada Trisemester Pertama

Kondisi Janin dalam Rahim Pada trisemester pertama kehamilan, perkembangan janin dalam rahim tentu saja sangat mempengaruhi kondisi ibu hamil.

Minggu keenam kehamilan
Pada fase trisemester pertama ini, bentuk janin masih menyerupai ikan atau berudu ketimbang bentuk janin yang sebenarnya. Pada beberapa hari setelah pembuahan, kecebong kecil ini seperti meringkuk. Pada tahapan ini badan dan leher mulai berkembang dan ekor sedikit memendek.

Perkembangan selanjutnya adalah bayi mulai memiliki kepala yang besar dan bintik-bintik gelap di tempat terbentuknya mata dan lubang hidung dikemudian hari. Jantung bayi berdetak sekitar 100-160 kali per menit, hampir dua kali lebih cepat dari detak jantung orang dewasa.

Detak jantung bayi ini dapat dilihat di USG. Darah mulai melalui tubuh mungil janin dan dimulainya perkembangan awal dari organ-organ seperti sistem pencernaan dan paru-paru.

READ:  Tips Cantik Dengan Bahan Alami

Anggota badan janin mulai memanjang untuk membentuk lengan dan kaki ( tangan dan kaki masih menyerupai dayung kecil, yang pada akhirnya akan menjadi jari tangan dan kaki ). Organ internal lainnya juga mulai terbentuk.

Perkembangan janin sejak dari embrio tidak selalu sama. Namun informasi ini mungkin dapat memberikan gambaran umum tentang perkembangan dan kemajuan bayi anda agar kita selalu memperhatikan kondisi tubuh dan janin kita sendiri.

Minggu Ke 7 kehamilan
Pada minggu ketujuh, kecebong ini berubah menjadi makhluk yang benar – bahkan jika itu bulgy mata kecil dan dahi yang lucu. Pada minggu ketujuh ini, janin anda tumbuh dengan pesat mungkin dua kali lipat dari minggu keenam. Ukuran janin sekitar 1 cm. Setiap mata telah dikembangkan dalam detail yang menakjubkan dan akan memiliki cangkir optik, retina dan lensa mata.

READ:  Resep Tradisional Untuk Penyakit Herpes

Telinga bagian dalam bayi, lidah, rahang akan terbentuk pada minggu ketujuh ini. Selain itu perkembangan janin lainnya seperti terbentuknya pankreas dan usus buntu dan tahapan awal dari terbentuknya organ reproduksi janin. Anda harus menunggu sampai sekitar minggu 16 untuk dapat melihat apakah bayi anda laki-laki atau perempuan melalui USG.

Sama seperti orang dewasa, semua bayi berbeda dan berkembang pada berbagai tingkat di dalam rahim. Informasi ini memberikan gambaran umum tentang perkembangan dan kemajuan bayi Anda.