Bahaya Mendengkur, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Hentikan NgorokHampir semua orang pernah mendengkur disaat tidur, namun paling umum dialami oleh individu yang berkelebihan berat badan dan pada orang yang berusia dewasa.

Mendengkur memang hal yang biasa, namun jika anda mendengkur setiap kali anda tertidur mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan yang menyertainya.

Mendengkur termasuk salah satu gangguan tidur dan dalam dunia medis sering diistilahkan dengan sleep apnea atau yang dikenal dalam bahasa sehari-harinya adalah ngorok.

Bahaya Mendengkur Pada Kesehatan Kita
Terkadang kita menyepelekan gangguan tidur yang satu ini, namun sebenarnya sangat beresiko pada gangguan organ tubuh lainnya. Orang-orang yang sering ngorok atau mendengkur menandakan bahwa adanya gangguan suplay oksigen pada tenggorokan mereka dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan beberapa gangguan organ tubuh.

Beberapa bahaya mendengkur  pada kesehatan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak, memicu penyakit diabetes, penyakit tekanan darah tinggi, stroke maupun gangguan fungsi jantung.

Penyebab Mendengkur
Mendengkur terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung secara fisik terhambat. Aliran udara dapat terhalang oleh kombinasi beberapa faktor dibawah ini:

READ:  Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Diselangkangan Paha

1. Terhalangnya saluran udara pada hidung
Beberapa orang mendengkur hanya selama musim alergi atau ketika mereka memiliki infeksi sinus. Kelainan bentuk hidung seperti penyimpangan septum (perubahan struktural dinding yang memisahkan antara kedua lubang hidung ) ataupun polip juga bisa menyebabkan obstruksi.

2. Lemahnya otot di tenggorokan dan lidah
Otot-otot pada tenggorokan dan lidah bisa melemah yang memungkinkan mereka untuk jatuh ke dalam saluran pernapasan. Ini dapat diakibatkan dari tidur nyenyak, konsumsi alkohol, dan penggunaan beberapa obat tidur. Penuaan normal menyebabkan relaksasi lebih lanjut dari otot-otot ini.

3. Pembesaran jaringan tenggorokan
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan jaringan tenggorokan membesar. Juga, anak-anak dengan amandel yang besar dan kelenjar gondok sering mendengkur.

READ:  Apa itu Schizophrenia?

4. Panjang langit-langit lunak pada tenggorokan (uvula)
Langit-langit lunak atau uvula (jaringan menggantung di belakang mulut) yang panjang dapat mempersempit pembukaan dari hidung ke tenggorokan sehingga napas menjadi terhambat, hal inilah yang menyebabkan kita bisa mendengkur.

5. Tidur terlentang
Tidur telentang dapat menyebabkan kita bisa mendengkur namun hal ini tidak berlaku pada semua individu.

6. Gangguan pada tenggorokan
Mendengkur juga bisa disebabkan oleh pembesaran amandel sehingga jaringan dalam tenggorokan juga turut membesar.

7. Kelelahan
Tidur disaat kondisi tubuh kelelahan juga bisa menyebabkan seseorang mendengkur.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Mendengkur
1. Kurangi berat badan jika hal ini yang menjadi penyebabnya
2. Hindari tidur terlentang dan sebaiknya tidur menyamping saja
3. Gunakan bantal yang lebih tinggi
4. Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol (jika hal ini kebiasaan anda)
5. Meningkatkan konsumsi vitamin D
6. Hubungi dokter anda untuk memastikan apa penyebab mendengkur tersebut.

Mendengkur termasuk salah satu gangguan tidur dan bisa merusak kesehatan organ tubuh dalam jangka panjang. Jangan remehkan sleep apnea ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter anda sebelum terlambat. Dan semoga uraian singkat mengenai Bahaya Mendengkur, Penyebab dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat untuk kesehatan kita.