Loading...

10 Fakta Sering Minum Jus Wortel

10 Fakta Sering Minum Jus WortelTahukah anda akan manfaat wortel jika dikonsumsi dalam bentuk jus? Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan karena diperkaya dengan sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita.

Tak heran jika saat ini semakin maraknya produk kesehatan memanfaatkan wortel sebagai bahan utamanya.
Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat jus wortel pada kesehatan kita, berikut adalah sepuluh manfaat sering mengkonsumsi jus wortel pada kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Loading...

Mengkonsumsi jus wortel secara rutin segelas sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Wortel merupakan sumber utama vitamin A dalam menjaga keamanan saluran pernapasan dari virus yang akan memasuki tubuh. Vitamin A juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sel-sel darah putih sebagai pelaku bom bunuh diri terhadap sel-sel patogen dan virus.

Vitamin C yang juga dihadir dalam wortel mampu meningkatkan antibodi dan melindungi kerusakan sel darah putih dari radikal bebas.

Vitamin E dari wortel berperan dalam menjaga membran sel. Selain itu, dengan usia, kemampuan sel T (limfosit) untuk melawan virus menjadi melemah. Dan ketika kita sering mengkonsumsi jus wortel maka dapat mempertahankan kemampuan sel T dalam melawan virus.

Vitamin B yang hadir dalam jus wortel berperan penting dalam mensintesis dan memetabolisme protein.
Selain beberapa vitamin diatas, wortel juga merupakan tambang-tambang mineral seperti besi, tembaga dan seng. Pilar pertumbuhan antibodi yang membunuh virus.

Sementara itu, tembaga adalah meningkatkan semangat pada sel darah putih untuk menanggapi serangan patogen. Pada mineral seng, perannya sangat penting dalam menghambat perkembangan sel-sel pembunuh dan sekaligus membantu dalam mematikan bakteri patogen.

2. Membantu membersihkan hati

Organ hati yang letaknya di bagian kanan atas perut adalah organ penting dalam sintesis protein, detoksifikasi darah, memproduksi empedu dan memetabolisme lemak.

Kolestasis, hepatitis dan sirosis adalah penyakit hati yang dapat disebabkan oleh infeksi pada hati. Mengkonsumsi alkohol berlebihan sering menyebabkan kerusakan hati secara ireversibel. Wortel mengaku terkonsentrasi dengan senyawa yang mengangkat kapasitas antioksidan hati. Senyawa aktif ini juga dapat membantu untuk menjinakkan radikal bebas yang tidak stabil sebagai hasil dari berbagai kegiatan metabolisme.

Wortel membentengi hati terhadap keracunan yang disebabkan oleh bahan kimia seperti karbon tetraklorida. Wortel juga dapat melakukan sejumlah besar perbaikan pada hati yang rusak.

3. Melawan penyakit jantung

Wortel menawarkan manfaat bagi jantung dengan mengurangi risiko obesitas dan kadar vitamin yang kaya mereka.
Vitamin A mencegah dari penebalan dinding ventrikel yang jika dalam kondisi serius dan berbahaya dapat menyebabkan hipertrofi. Hal ini juga mencegah dari gagal jantung dengan tidak membiarkan jaringan jantung untuk merombak dirinya dalam kondisi stres.

Beta karoten, suatu senyawa yang terdapat pada jus wortel adalah kaya dengan vitamin A. Wortel juga menawarkan vitamin C yang menekan risiko penyakit jantung koroner serta penyakit kardiovaskular ketika ditempatkan dalam diet.

Vitamin K yang mensintesis fibrinogen disediakan oleh wortel dapat mengurangi risiko penggumpalan darah di pembuluh darah yang menghindari serangan jantung dan stroke. Dengan sarapan jus wortel setiap paginya maka dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

4. Rabun senja (nyctalopia)

Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja (nyctalopia ), yaitu suatu kondisi ketidakmampuan mata dalam melihat dengan baik dimalam hari.

Nah, bagi anda yang terlanjur menderita rabun senja, cobalah untuk rutin mengkonsumsi jus wortel untuk memulihkan penglihatan anda kembali.

5. Meningkatkan kualitas ASI

Dengan asupan jus wortel selama kehamilan dapat meningkatkan kualitas ASI sekaligus bermanfaat dalam pertumbuhan janin. Ketika sering mengkonsumsi jus wortel selama 3 bulan terakhir kehamilan maka dapat mengurangi kemungkinan infeksi berbahaya pada anak.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium dan kalium merupakan elemen utama dari pembentukan tulang, sementara jus wortel juga diperkaya dengan mineral ini. Sebaliknya, kekurangan kedua mineral tersebut membuat tulang rapuh, lemah dan mudah retak.

7. Mengurangi resiko diabetes

Beta karoten dalam wortel yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dapat mengurangi risiko terkena diabetes.
Dan dalam kasus Diabetes tipe 2 yang merupakan kondisi di mana tubuh gagal untuk menghasilkan cukup insulin maka jus wortel membantu untuk menghasilkan beta karoten yang mencegah diabetes. Magnesium dan mangan yang hadir pada jus wortel dapat menstabilkan kadar gula dan membantu mengurangi berat badan karena diabetes.

8. Meningkatkan pertumbuhan otot dan kulit

Vitamin A membantu tubuh kita untuk menyembuhkan setelah latihan yang berat dan bantuan dalam pertumbuhan otot. Beta-karoten ketika memasuki tubuh berubah menjadi vitamin A dan mengurangi degenerasi sel dan dengan demikian memperlambat penuaan tubuh.

Hal penting lainnya adalah beta karoten ini juga dapat meningkatkan jumlah kolagen di kulit dan dengan demikian membantu dalam menjaga elastisitas dan karenanya mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput.

9. Penyembuh Luka

Fibrinogen adalah glikoprotein diubah menjadi fibrin bahwa selama pembekuan darah. Fibronektin ditemukan dalam jaringan darah dan ikat memainkan peran perekat. Semua ini dikonversi oleh trombin. Pro trombin diproduksi oleh hati tetapi vitamin K sangat penting untuk konversi untuk trombin.

Jus wortel merupakan sumber populer vitamin K. Vitamin K memainkan peran dalam penyembuhan luka dengan mencegah kehilangan darah yang berlebihan atau mencegah pembekuan darah spontan yang beresiko ke jantung.

10. Berat Badan

Bagi mereka yang berusaha untuk menurunkan berat badan wortel jus bermanfaat. Jus wortel memiliki jumlah kalori yang rendah dan pada saat yang sama membantu untuk memuaskan rasa lapar.

Vitamin B yang kaya jus wortel juga berkontribusi terhadap proses pemecahan protein, lemak dan glukosa. Vitamin B membantu dalam meningkatkan laju metabolisme dan dengan demikian mengurangi berat badan.

Jus wortel juga dapat meningkatkan kapasitas oksigen karena menyediakan jumlah zat besi yang baik. Vitamin B adalah pembunuh depresi dan stres menyebabkan bahan kimia yang membuat orang makan lebih banyak. Tingginya jumlah serat dalam wortel membantu dalam proses pencernaan.

Demikianlah 10 fakta sering minum jus wortel semoga bisa memngingatkan kita kembali tentang jenis makanan apa saja yang sebaiknya kita masukkan dalam diet harian kita.

10 Fakta Sering Minum Jus Wortel | Tim Redaksi | 4.5