Loading...

Inilah Hal Buruk Yang Bisa Merusak Mata

Inilah Hal Buruk Yang Bisa Merusak MataJika Anda sangat menyayangi kesehatan mata Anda, maka ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya agar tetap sehat. Tetapi tidak jarang beberapa kebiasaan biasanya akan mengganggu dan malah menimbulkan mata Anda menjadi kehilangan kemampuan dalam penglihatan secara perlahan.

Terdapat beberapa hal-hal buruk yang akan menurunkan kemampuan dalam penglihatan Anda atau biasanya akan menjadikan mata Anda cepat menua, beberapa di antaranya adalah:

Menggosok Mata

Loading...

Kulit di yang ada disekitar mata Anda merupakan yang pertama kali memperlihatkan penuaan, sebab selain kulit tersebut sangat halus juga tidak mempunyai banyak lemak. Ketika Anda sering menggosok mata terlalu keras saat mata merasa gatal atau terkena debu, maka pembuluh darah kecil pada daerah bagian bawah mata biasanya akan pecah dan hal ini biasa mengakibatkan lingkaran gelap di bawah mata atau bengkak.

Melupakan Kacamata

Saat Anda sedang melakukan aktifitasn di luar ruangan dan terkena sinar matahari yang terik, selain sunblock, jangan lupa jika Anda juga sangat memerlukan kacamata hitam. Sinar UV merupakan radikal bebas yang bukan hanya akan merusak kulit tetapi juga mata Anda.

Jika hal tersebut terus-menerus dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan photokeratitis, katarak, degenerasi makula, pinguecula dan pterygium, selain itu Anda juga bisa terkena kanker kelopak mata. Menggunkan kacamata sangatlah penting untuk anda pakai bagi yang mengalami gangguan mata, dan jika Anda berulang kali tidak menggunakan kacamata, jangan salahkan jika penyakit akan bertambah parah.

Merokok

Merokok tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Bahkan mungkin bisa dibilang bahwa sekitar 95% dari rokok tidak mempunyai kandungan yang berguna bagi kesehatan. Bagi perokok aktif yang menghisap lebih dari 4 batang rokok per hari bisa menumbuhkan terjadinya risiko katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati dan kebutaan.

Kurangnya Asupan Nutrisi

Makanan cepat saji dan minuman yang bersoda bukanlah salah satu jenis makanan yang bisa membantu dalam kesehatan Anda. Saat Anda ingin sehat, sebaiknya untuk sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Begitu banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang diperlukan mata Anda yang hanya bisa diperoleh dari buah dan sayur. Jadi, perbanyaklah porsi asupan gizi penting ini.

Kurang Tidur

Bagi orang dewasa saat ini yang sering dilakukan adalah begadang. Dengan seringnya begadang bukan hanya buruk bagi kesehatan tubuh dan otak, melainkan juga sangat berpengaruh besar kepada kesehatan mata Anda. Saat mata merasa lelah secara terus-menerus tanpa israhat yang cukup, tidak hanya akan menimbulkan mata merah, pedih, dan kering, tetapi juga mengakibatkan lingkaran disekitar kelopak mata menjadi hitam di bawah mata dan pandangan menjadi kabur.

Jadi, kami sarankan untuk tidak mengabaikan kebiasaan Anda yang tidak baik tersebut, bisa jadi itu merupakan jalan utama untuk memulai penyakit dan gangguan mata. Segeralah untuk memeriksakan ke dokter jika Anda mulai merasakan keluhan-keluhan pada mata.

Inilah Hal Buruk Yang Bisa Merusak Mata | Arwis Sudding | 4.5